fbpx
Berita Terbaru Indonesia
Usaha  

5 Langkah Sederhana dalam Membangun Bisnis Online

Person Using Macbook Pro on Table

Ingin belajar bagaimana membangun bisnis online? Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam menciptakan bisnis online—dan jika Anda baru mengenal permainan ini, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Haruskah Anda mulai dengan mengembangkan produk? Mengidentifikasi target pelanggan Anda? atau Membangun situs web Anda? tentunya Ada banyak hal yang harus dilakukan, Kami membantu Anda. Mari kita lihat cara membuat bisnis online sehingga Anda memahami proses langkah demi langkah meluncurkan usaha online yang sukses:

8 langkah membangun bisnis online

Pilihlah jenis bisnis online yang tepat lalu Identifikasi kebutuhan di pasar sesuai target anda serta Kembangkan produk atau miliki pelayanan yang bagus Bangun merek Anda Bangun situs web Anda Siapkan logistik Anda Kembangkan strategi pemasaran Anda

1. Tentukan jenis bisnis online yang akan Anda buat

Tentunya ada banyak sekali jenis bisnis online yang sedang di jalankan saat sekarang ini dan sebelum Anda mengambil keputusan untuk membangun sebuah bisnis online, maka Anda harus mencari tahu terlebih dahulu jenis bisnis apa yang tepat untuk Anda, seperti ide berikut ini yang mungkin bisa menjadi rekomdasi untuk anda

Baca Juga:  6 Tips Aman dalam Menyewa Hiace saat Pandemi Covid

Perdagangan Elektronik

E-commerce adalah bisnis penjualan produk fisik secara online. Jika Anda memiliki produk untuk dijual, membangun toko e-niaga bisa menjadi model bisnis yang hebat.

Produk Digital.

Seperti eBook, kursus pendidikan, atau template desain—bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pendapatan secara online.

Pemasaran Afiliasi.

Tidak punya produk sendiri untuk dijual? Jangan khawatir! Dengan pemasaran afiliasi, Anda dapat menjual produk orang lain—dan mendapatkan komisi setiap kali Anda melakukan penjualan.

Freelancing atau Konsultan.

Jika Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan, membangun bisnis lepas atau konsultasi—lalu mempromosikan bisnis itu dan menemukan prospek baru secara online—mungkin menjadi model bisnis untuk Anda.

Bisnis Berbasis Media Sosial.

Media sosial kini tidak hanya untuk sekedar update stutus saja namun juga bisa di manfaatkan untuk berbisnis secara online Anda dapat memonetisasi pengikut media sosial Anda dengan berbagai cara, bisa seperti kerjsama ataupun seperti beriklan


Setelah Anda mengetahui jenis bisnis apa yang ingin Anda buat, jauh lebih mudah untuk menyempurnakan strategi untuk menjalankan bisnisnya.

2. Ketahuilah Akan Kebutuhan

Meski ide bisnis yang anda punya cukup meyakinkan namum jika tidak memenuhi kebutuhan pasar mak hal itu tidak akan berhasil.

3. Penelitian Kompetitor.

Anda harus selalu melihat kompetitor anda dan apa yang kompetitor lakukan seperti produknya harga nya atau bahkan pelayanannya dalam menjawab keinginan pembeli serta Kebutuhan apa yang mereka inginkan tentunya bagaimana hal tersebut selaras dengan bisnis yang sedang anda jalankan
Meskipun Anda tidak pernah (pernah!) ingin menipu pesaing Anda, mengidentifikasi kebutuhan yang mereka penuhi di pasar akan memberi Anda wawasan tentang apa yang dicari pelanggan Anda—dan bagaimana bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan itu.

Baca Juga:  Ide Usaha Rumahan Menghasilkan

4. Riset Pasar

Langkah selanjutnya anda bisa melakuan dengan cara Riset pasar yang bertujuan hal ini bisa memberikan informasi untuk Anda tentang apa yang lagi ramai dicari orang dipasaran yang kemudian Anda bisa dapt mengetahui ke arah mana bisnis yang anda akan jalankan


Anda saat ini akan terhubung dengan pasar itu. Misalnya, Anda dapat melihat di Quora dan melihat pertanyaan apa yang diajukan orang-orang di industri Anda, lalu merekayasa balik bagaimana bisnis Anda dapat menjawab masalah tersebut. Atau Anda dapat meneliti keluhan pelanggan tentang pesaing Anda dan kemudian mencari tahu bagaimana Anda dapat meningkatkan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan bisnis Anda.

5. Survei Pelanggan.

Jika Anda ingin tahu apa yang dibutuhkan pelanggan Anda, hal terbaik yang harus anda laukan adalah lakukan survey kepada pelanggan hal ini akan bisa membuat anda infomasi secara langsung tentang apa yang di ingin oleh pelanggan tersebut serta apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana bisnis Anda dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *