fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah, Inilah 10 Jurusan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia.

foto : freepik.com

Menentukan pilihan jurusan kuliah bukan lah hal yang mudah. Banyak yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah agar tidak salah jurusan. Berdasarkan hasil penelitian Indonesia Career Center Network 87 persen mahasiswa Indonesia salah memilih jurusan. Maka dari itu agar tidak salah jurusan perlu pertimbangan yang matang dalam memilih jurusan. Diantaranya seperti minat, bakat yang dimiliki, hal tersebut akan memudahkan proses perkuliahan apabila jurusan yang diambil oleh calon mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat para calon mahasiswa nih. selain hal itu yang perlu dipertimbangkan ialah prospek kerja dari jurusan yang akan dipilih. Nah, jurusan apa saja sih yang berpeluang memiliki gaji tertinggi di Indonesia ?

1. Teknik Informatika

Jurusan yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia ialah jurusan Teknik. Jurusan Teknik Informatika ini merupakan jurusan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Lulusan dari jurusan teknik informatika dapat menjadi ahli IT dengan beragam spesifikasi profesi. Gaji yang dapat didapatkan untuk seorang ahli IT ini berkisaran dari Rp 6.000.000 hingga Rp 30.000.000. Seiring perkembangan zaman dan teknologi lulusan jurusan Teknik Informatika ini akan banyak dibutuhkan perusahan kecil hingga besar.

2. Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan

Selain lulusan jurusan Teknik Informatika, Jurusan lain yang memiliki gaji besar di Indonesia adalah jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan. Lulusan jurusan ini identic dengan masa depan yang makmur. Hal ini dikarenakan lulusan jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan dapat bekerja di perusahan multinasional hingga perusahan level internasional seperti pertamina, antam dan freeport di Indonesia lulusan Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan dapat meraup gaji Rp 5.000.000 hingga Rp 20.000.000 perbulannya.

Baca Juga:  Habis Putus? Simak 5 Tips ini Agar Kamu Berhenti Galau dari Si Dia

3. Teknik Elektro

Teknik Elektro termasuk jurusan yang dapat memiliki gaji yang besar di Indonesia. Cakupan untuk teknik elektro sangatlah luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Prospek kerja untuk jurusan Teknik elektro ini cukuplah luas seperti teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, hingga ahli robotik. Nah, untuk industrinya sendiri, seorang lulusan teknik elektro dapat masuk ke dalam semua industri seperti telekomunikasi, manufaktur, IT, pembangkit listrik, hingga perminyakan dan pertambangan. Untuk gaji seorang lulusan tenik elektro sendiri berkisaran Rp 8.000.000 hingga Rp 12.000.000 perbulannya.

4. Teknik Mesin

Jurusan selanjutnya yang memiliki gaji besar di Indonesia ialah lulusan jurusan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin ini merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang cemerlang. Lulusan jurusan Teknik Mesin ini dapat bekerja diberbagai perusahaan  dengan leve multinasional hingga internasional dengan kisaran gaji Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 perbulannya.

5. Kedokteran

Lulusan jurusan yang tidak akan selalu banyak dibutuhkan ialah luluan jurusan kedokteran. Seperti yang sudah banyak diketahui lulusan jurusan kedokteran ini menjadi lulusan yang banyak dibutuhkan setiap tahunnya. Seperti lulusan jurusan lainnya lulusan jurusan kedokteran pun memiliki jenjang karir yang luas. Untuk kisaran gaji seorang lulusan jurusan kedokteran di Indonesia dapat mencapai Rp 80.000.000 perbulan untuk seorang dokter spesialis.

Baca Juga:  Tips Belajar dari para Seleb yang bisa kamu terapkan !

6. Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan jurusan yang mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, selain itu juga jurusan Teknik sipil ini mempelajari tentang infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Untuk gaji lulusan Teknik sipil terbilang besar di Indonesia yaitu kisaran Rp 5.000.000 hngga Rp 20.000.000 perbulannya.

7. Ekonomi

Jurusan dengan gaji yang terbilang besar di Indonesia ialah lulusan jurusan dibidang ekonomi. Jurusan dibidang ekonomi di universitas Indonesia terbilang cukup beragam ahl tersebut lah yang menyebabkan jurusan ekonomi terkenal dengan prospek yang cukup luas. Untuk lulusan dari jurusan ekonomi di Indonesia dapat memiliki penghasilan mulai dari Rp 3.000.000 hingga diatas Rp 100 juta perbulannya loh.

8. Psikologi

Selanjutnya ada jurusan psikologi. Jurusan psikologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu yang berhubungan dengan ilmu mental, pikiran dan prilaku manusia. Lulusan jurusan psikologi ini memmpunya prospek kerja seperti psikolog klinis, HRD di perushaan, konselor dan masih banyak lainnya. Untuk gaji lulusan psikolog ini kisaran Rp 3.000.000 hingga diatas Rp 10.000.000 perbulannya.

9. Manajemen

Jurusan managemenadalah jurusan yang mempelajari mengenai cara mengelola suatu organisasi. Jurusan manajemen ini masih satu rumpun kedalam ekonomi dan bisnis, namun yang membedakannya adaah manajemen fokus dipengelolaan, peracangan serta penataan dalam perusahaan. Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek pekerjaan yang cukup luas. Lulusan manajemen dapat menempati banyak sektor pekerjaan seperti sektor swasta hingga pemerintahan. Profesi dan karir lulusan manajemen ini meliputi perencana bisnis berkelanjutan, akutan, manajer akultural, manajer, dan penganalisis. Untuk gaji jurusan manajemen di Indonesia kisaran Rp 6.000.000 hingga Rp 20.000.000.

Baca Juga:  Profil Jerome Polin, Youtuber Muda yang Jago Matematika

10. Teknik Nuklir

Jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang lainnya ada dari lulusan jurusan Teknik Nuklir. Jurusan Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelari mengenai perancangan, pengembangan, percobaan, pengoperasian dan perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, seperti reaktor nuklir, PLTN, dan senjata nuklir. Nah, kabar jurusan Teknik Nuklir ini merupakan jurusan yang mempunya gaji yang cukup besar nih. Jurusan yang mempunyai kesemoatan bekerja di Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan yang perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir, seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM ini dapat memiliki gaji berkisar Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 perbulannya loh.

Nah itulah 10 jurusan kuliah yang lulusannya berpeluang mendapatkan gaji yang cukup besar di Indonesia. Setiap pekerjaan pasti ada tantangan dan kesulitannya masing – masing jadi dibalik gaji yang besar pasti ada pengorbanan yang besar juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *