fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Usia Rata-Rata Pernikahan dari 17 Negara di Dunia

Ilustrasi pasangan yang sedang menikah. (Lifestyle Kompas)

Pertanyaan “Kapan Nikah?” menjadi salah satu pertanyaan yang sering dihindari saat ada acara kumpul keluarga. Tahukah kamu mengapa pertanyaan ini sering ditanyakan? Selain basa-basi, banyak anggota keluarga yang merasa yang diberikan pertanyaan telah berusia yang pantas untuk menikah.

Namun, sebenarnya apakah ada patokan saklek tentang usia yang tepat untuk menikah? Jawabannya tidak, pernikahan adalah tentang kesiapan masing-masing individu. Pernikahan adalah pilihan dari masing-masing orang, baik kapan, dimana, dan dengan siapa.

Meskipun begitu, ada data tentang usia rata-rata pernikahan di berbagai negara, loh. Jika kamu punya pertanyaan atau rasa penasaran tentang di usia berapa masyarakat di negara lain menikah, artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Masing-masing negara memiliki usia rata-rata pernikahan yang berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti kemajuan negara, tingkat pendidikan, adat atau kebudayaan, hingga jumlah penduduk.

Usia Rata-Rata Pernikahan di Berbagai Negara

Ilustrasi pernikahan. (Sindonews Kalam)
Ilustrasi pernikahan. (Sindonews Kalam)

Dari berbagai sumber dapat diperoleh usia rata-rata pernikahan dari berbagai negara, diantaranya adalah :

1. Spanyol

Negara yang mendapatkan julukan El Matador di dunia sepak bola, ternyata usia rata-rata pernikahan pemudanya adalah 27,7 tahun. Rata-rata ini juga sama dengan warga perempuannya yang rata-rata menikah di usia 27,7 tahun.

Meskipun rata-rata pernikahan di usia 27,7 tahun, namun usia pernikahan yang lazim adalah 29,0 tahun. Warganya diberikan kebebasan untuk menikah di usia muda, sebab hal ini masih dilegalkan oleh hukum.

2. Jepang

Negeri matahari terbit ini memiliki rata-rata pernikahan yang terbilang lebih dewasa dari pada Indonesia. Usia rata-rata pernikahan laki-laki di Jepang adalah 30,5 tahun, sedangkan perempuan di Jepang rata-rata menikah di usia 29,2 tahun.

Usia rata-rata pernikahan di Jepang cukup dewasa karena pemudanya enggan untuk menikah. Alasannya beragam mulai dari budaya kerja yang tak biasa hingga biaya pernikahan yang tidak murah.

Baca Juga:  11 Fakta Menarik Lee Sang Yeob Pemeran Drama Eve

Oleh karena itu, pemerintah Jepang membuat program yang dapat mendorong masyarakatnya menikah. Hal ini dilakukan untuk mendorong laju pertumbuhan penduduk yang akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi negara.

3. Prancis

Negara yang sering dikunjungi oleh turis karena keindahan menara Eiffel ini memiliki usia rata-rata pernikahan yang lebih dewasa. Memang dibandingkan usia rata-rata orang Asia saat menikah, orang Eropa jauh lebih dewasa saat menikah.

Di Prancis, usia rata-rata pernikahan laki-laki adalah 33,7 tahun, sedangkan perempuan adalah 32 tahun. Pemuda Prancis memilih usia pernikahan yang lebih matang karena ingin melakukan berbagai hal yang diinginkan terlebih dahulu sebelum menikah.

4. Australia

Negara di sebelah selatan Indonesia ini, Australia memiliki usia rata-rata saat menikah di angka 30,6 tahun. Para pria menikah di usia 31,2 tahun. Kebanyakan jarak usia pernikahan perempuan lebih mudah dari pada laki-laki. Warga perempuannya rata-rata menikah di usia 29,9 tahun.

5. India

Negara India memiliki rata-rata usia pernikahan lebih muda dibandingkan negara Eropa dan Jepang. Laki-laki di India banyak yang menikah di usia 26 tahun, sedangkan para perempuan akan menikah di usia 22,2 tahun. Apabila dirata-ratakan secara keseluruhan, usia rata-rata pernikahan India adalah 24,1 tahun.

6. Bulgaria

Negara Bulgaria memiliki usia rata-rata pernikahan yang tinggi yakni 34,2 tahun secara nasional. Laki-laki di Bulgaria kebanyakan akan menikah di usia 35,7 tahun, sedangkan perempuan Bulgaria biasanya menikah di usia 32,6 tahun. Banyak pemuda Bulgaria yang ingin merintis karirnya dan mapan secara finansial dan pendidikannya.

7. Finlandia

Finlandia dikenal dengan sistem pendidikannya yang sangat baik dan minat baca warganya juga tinggi. Usia rata-rata pernikahan Finlandia berada di angka 31,7 tahun. Para laki-laki biasanya menikah di usia 32,6 tahun, sementara para perempuan menikah di usia 30,7 tahun.

Baca Juga:  11 Fakta Debut Solo J-Hope BTS Bertajuk Jack in the Box

8. Italia

Italia termasuk negara Eropa yang memiliki rata-rata usia pernikahan yang tinggi. Masyarakatnya yang berjenis kelamin laki-laki lebih memilih menikah di usia rata-rata 35,3 tahun. Sedangkan perempuan di Italia menikah di usia 33,2 tahun.

9. Inggris

Inggris sebagai negara yang maju juga memiliki rata-rata usia pernikahan sebanyak 32,1 tahun. Para perempuan di Inggris menikah saat berusia 31,6 tahun secara nasional. Sementara laki-laki di Inggris lebih memilih menikah saat berusia 31,6 tahun.

10. Norwegia

Apakah banyaknya musm dingin dapat mempengaruhi usia rata-rata pernikahan seseorang? Mari kita tengoh rata-rata usia pernikahan di Norwgegia untuk masyarakat laki-laki adalah 34,4 tahun pernikahan. Selain itu, jika dihitung secara keseuruhan usia rata-rata pernikahan Norvewiaga adalah 33 tahun.

11. Amerika Serikat

Mungkin banyak yang mengira negara yang diberikan julukan Negera Paman Sama ini memiliki usia rata-rata pernikahan yang lebih tua dari pada negara lain. Sayangnya perkiraan itu salah besar.

Ternyata pria di Amerika rata-rata menikah di usi 29 tahun dan perempuannya menikah di usia rata-rata 27 tahun. Jadi jika dirata-ratakan secara keseluruhan, rata-rata pernikahan Amerika Serikat berusia 28 tahun.

12. Thailand

Thailand dikenal dengan Lady Boy yang memiliki usia rata-rata pernikahan mencapai 22,7 tahun. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan negara maju lainnya. Pria yang menjadi warga negara Amerika adalah sebesar 21 tahun sedangkan perempuan biasanya menikah di usia 21 tahun.

13. Jerman

Jerman yang dikenal berkat andil yang cukup besar saat perang dunia. Laki-laki di Jerman akan menikah saat berusia sekitar 33,4 tahun. Sedangkan perempuannya sudah biasa menikah di usia 30,9 tahun. Jika dihitung secara nasional, rata-rata pernikahan di tetapkan sekitar 32,2 triliun.

Baca Juga:  8 Film Caitlin Halderman yang Patut untuk Ditonton, Salah Satunya Ivanna

14. Brazil

Negara yang merupakan bagian dari Amerika yakni Brazil memiliki usia rata-rata pernikahan secara nasional adalah 27 tahun. Warga laki-lakinya menikah di kisaran umur 28 tahun dan warga perempuan sekitar 26 tahun.

15. Mesir

Mesir merupakan negara yang terkenal dengan Piramida dan Spinx. Laki-laki di Mesir menikah saat berusia 33,6 tahun, sedangkan para perempuannya akan menikah di usia 27,9 tahun.

16. Meksiko

Negeri Telenova ini memiliki usia rata-rata pernikahan 27,5 tahun. Warganya yang berjenis kelamin laki-laki biasanya rata-rata pernikahannya akan diadakan saat sudah berusia 29 tahun. Sementara perempuannya akan menikah di usia 26 tahun.

17. Indonesia

Indonesia memang memiliki perbedaan usia rata-rata pernikahan dengan negara lainnya. Dalam kacamata nasional, usia rata-rata pernikahan adalah sebanyak 24 tahun. Angka ini diperoleh dari kisaran pernikahan dari laki-laki 25,7 tahun dan perempuan 22,3 tahun.

Itulah usia rata-rata pernikahan dari beberapa negara termasuk Indonesia. Adanya perbedan dari masing-masing negara disebabkan oleh banyak hal mulai dari ekonomi, kebudayaan, kebiasaan, dan cita-citanya.

Beberapa warga perkotaan juga banyak yang memilih untuk menikah saat sudah mapan secara finansial dan pendidikan. Sedangkan masyarakat di pedesaan atau daerah-daerah tertentu masih menganggap pernikahan adalah cerminan tradisi. Pernikahan di usia muda juga bisa ada di beberapa negara karena pengaruh dari lingkungannya.

Dari ulasan tentang usia rata-rata pernikahan di atas, berapa target menikahmu? Masuk di usia rata-rata pernikahan negara mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *