fbpx
Berita Terbaru Indonesia

15 Mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Indonesia

mitos yang masih dipercaya

Mitos merupakan cerita rakyat yang berlatar masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Beberapa mitos bahkan dianggap sebagai kepercayaan pada kekuatan gaib tertentu.

Di Indonesia, masyarakat sudah hidup berdampingan dengan mitos sejak sebelum lahir. Banyak mitor yang terkait dengan peraturan-peraturan yang tidak boleh dilanggar semenjak dalam kandungan.

Meskipun dalam dunia science, mitos dianggap tidak ilmiah serta di luar nalar dan logika. Namun, ada banyak mitos yang masih dipercaya masyarakat Indonesia hingga kini. Apakah kamu penasaran? Jika iya, ulasan di bawah ini akan menjawab tanda tanya besar yang kamu miliki terkait dengan mitos.

Mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Indonesia

mitos yang masih dipercaya
Ilustrasi mitos di Indonesia. (Rukita)

Mitos memang dianggap kurang bisa diterima oleh logika, namun banyak masyarakat yang masih mempercayai dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa mitos yang masih dipercaya masyarakat Indonesia, yaitu :

1.  Jangan menyisakan nasi

Ada mitos yang melarang menyisakan nasi saat makan atau membuang nasi. Jika larangan ini dilanggar nasi akan menangis atau ayam peliharaan akan mati. Mitos ini biasanya ditujukan untuk anak kecil yang susah makan.

Sebenarnya larangan ini juga baik karena dapat mendidik anak supaya lebih lahap saat menyantap makanan dan lebih menghargai makanan. Karena tujuannya yang lebih ke arah mendidik ini, masih banyak ibu yang menerapkannya kepada anaknya.

2. Seorang gadis tidak boleh duduk di depan pintu

Mungkin kamu pernah mendengar mitos ini setidaknya sekali dalam seumur hidup. Mitos anak gadis yang dilarang duduk di depan pintu sebenarnya dibuat karena menghalangi jalan. Selain itu, ini juga merupakan bentuk dari sopan santun.

Namun, mitosnya jika anak gadis duduk di depan pintu maka ia akan susah mendapatkan jodoh. Oleh karena itu, beberapa orang akan menghindari duduk di depan pintu.

Baca Juga:  7 Fakta menarik Tretan Muslim, dari Kuliah 3 Kampus hingga ingin Jihad di Palestina

3. Tidak boleh bersiul di kamar mandi

Apakah kamu pernah bersiul di kamar mandi? Jika iya, awas ada mitos yang menyebutkan jika bersiul di kamar mandi bisa mengundang setan. Jadi banyak orang tua yang melarang anaknya bersiul di kamar mandi.

Padahal sebenarnya siulan tersebut juga termasuk dalam sopan santun saat mandi. Sebab bisa jadi yang akan datang adalah tetangga atau tetangga kos yang terganggu dengan siulan. Apalagi suara di kamar mandi bisa lebih menggema.  

4.  Kupu-kupu masuk rumah

Jika ada kupu-kupu yang masuk ke rumahmu, mitosnya akan ada tamu yang berkunjung dalam waktu dekat. Tamu itu bisa kerabat, sahabat, keluarga, atau orang terdekat. Di beberapa tempat juga dipercaya ukuran kupu-kupu menunjukkan usia tamu.

Saat kupu-kupu yang datang ke rumahmu berukuran besar maka tamu yang datang juga orang dewasa. Begitu pula sebaliknya, jika ada kupu-kupu kecil yang datang maka tamu yang datang juga masih berusia muda.

5. Duduk di atas bantal

Sebuah mitos menyebutkan apabila seseorang duduk di atas bantal, ia bisa bisulan. Mitos ini biasanya ditujukan kepada anak-anak yang masih belum bisa membedakan yang benar ataupun salah.

Mitos duduk di atas bantal bisa menyebabkan bisulan ini dibuat supaya anak-anak bisa lebih sopan. Sebab bantal merupakan alas tidur untuk kepala.

6. Anak kecil dilarang bermain di luar rumah saat menjelang maghrib

Sebagian besar anak kecil pasti sudah mendengar mitos ini. Mitos yang melarang anak kecil bermain di luar rumah saat menjelang maghrib atau sedang maghrib dipercaya akan diculik oleh wewe gombel. Wewe gombel sendiri merupakan sosok hantu berwujud perempuan yang menyeramkan.

Baca Juga:  Ini Dia Ilmuwan Indonesia Yang Diakui Dunia

Akan tetapi, sebenarnya mitos ini dibuat supaya anak-anak lebih disiplin. Malam merupakan waktu yang baik untuk mengerjakan tugas sekolah, istirahat, atau beribadah. Selain itu, jika waktu sudah menginjak malam, lingkungan akan lebih berbahaya untuk seorang anak kecil.

7. Menyapu harus bersih

Mitos menyapu tidak bersih bisa mendapatkan jodoh brewokan termasuk mitos yang hits di kalangan masyarakat. Sebab mitos ini sering dilontarkan para ibu yang mengajarkan kebersihan bagi anak perempuannya.

Padahal di jaman sekarang, banyak yang menilai cowok brewokan memiliki karisma dan macho. Namun, meskipun begitu mitos ini dibuat supaya anak-anak lebih menjaga kebersihan dan disiplin.

8. Posisi rumah tusuk sate

Apakah kamu mendengar mitos tentang rumah tusuk sate? Rumah tusuk sate adalah rumah yang berada di ujung jalan lurus atau persimpangan yang tidak ada belokan. Menurut masyarakat, rumah yang memiliki karakteristik ini dianggap membawa sial.

Rumah tusuk sate ini memiliki hawa panas yang terus menerus. Karena hal inilah harga rumah tusuk sate bisa lebih murah dari harga rumah lainnya.

9. Ibu yang hamil harus membawa gunting

Ada mitos yang mewajibkan seorang ibu hamil wajib membawa guntin. Sebab ada sebuah kepercayaan yang menganggap gunting adalah penolak bala yang mujarab. Selain itu, dipercaya pula jika gunting dapat melindungi diri dari gangguan jin atau makhluk halus lainnya.

10. Suami dilarang menggunting sesuatu saat istri hamil

Jika ibu hamil wajib membawa gunting, beda cerita dengan suaminya. Suami malah dilarang menggunting sesuatu. Mitosnya jika larangan ini dilakukan suami, bayi yang ada di dalam kandungan si ibu akan terlahir cacat.

11. Membuka payung di dalam rumah

Payung merupakan alat yang digunakan seseorang untuk melindungi diri dari terik matahari dan hujan. Oleh karena itu, kegunaannya adalah untuk di luar ruangan. Oleh karena itu, ada mitos yang melarang membuka payung di dalam rumah. Jika mitos ini dilanggar, orang yang membuka payung di dalam rumah akan terkena sial.  

Baca Juga:  Fakta Menarik dibalik Trending Topic Arawinda Kirana

12. Potong kuku di malam hari

Ada sebuah mitos yang melarang seseorang potong kuku di malam hari. Sebab memotong kuku di mala hari akan memperpendek usia dan membuat hubungan orang itu dengan orang tua menjadi tidak baik.

Namun, tujuan dari adanya mitos ini memang baik karena dapat menghindari salah potong kuku. Apalagi penerangan di malam hari tidak sejelas saat siang hari.

13. Tidak boleh foto bertiga

Mitosnya, foto bertiga dapat menyebabkan salah satu orang yang berada di foto meninggal. Beberapa masyarakat masih menganggap mitos ini dapat menjadi kenyataan. Apalagi mitos ini sempat diangkat menjadi sebuah film.

14. Dilarang menyapu saat malam hari

Menyapu saat malam hari dipercaya dapat membuang rezeki yang sudah dikumpulkan selama seharian. Mitos ini memang tidak memiliki penjelasan yang logis, namun jika dipahami lagi, menyapu di malam hari memang tidak akan optimal karena penerangannya yang kurang.

15. Membuang air panah ke dalam WC/Selokan

Ada anggapan jika membuang air panah atau mendidih ke dalam WC/Selokan akan menyebabkan gangguan makhlus halus. Sebab bisa jadi makhlus halus tinggal di WC/Selokan dan bisa jadi akan membalas perlakuan tersebut.

Itulah beberapa mitos yang masih dipercaya masyarakat Indonesia. Kira-kira manakah yang masih dipercayai orang-orang di sekelilingmu? Yuk, sampaikan di komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *