fbpx
Berita Terbaru Indonesia

5 Boy Group yang Bertahan Paling Lama di Industri K-Pop, Siapa Saja?

Potret Super Junior
Potret Super Junior (Allkpop)

Meski kini banyak sekali grup baru bermunculan, tetapi beberapa boy group lama ini nyatanya tetap mampu mempertahankan eksistensi mereka di industri K-Pop hingga sekarang. Bahkan, salah satunya ada yang telah memulai debutnya lebih dari 20 tahun lalu.

Penampilan mereka pun masih selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemar yang telah setia mendukung mereka. Lantas, kira-kira siapa sajakah boy group yang bertahan paling lama di industri K-Pop tersebut? Yuk, langsung saja simak dan temukan jawabannya di bawah ini!

1. Shinhwa

Shinhwa
Shinhwa (Allkpop)

Boy group Shinhwa menjadi yang pertama sekaligus grup yang bertahan paling lama di industri K-Pop. Maret 2022 lalu, Shinhwa baru saja merayakan hari jadi mereka yang ke-24.

Boy group ini memulai debut mereka di bawah SM Entertainment pada 24 Maret 2008 lewat album Resolver bersama enam orang member yang masih awet hingga saat ini. Para member tersebut meliputi Eric, Minwoo, Dongwan, Hyesung, Junjin, dan Andy.

Usai berakhirnya kontrak mereka dengan SM Entertainment, keenam member lalu memutuskan untuk menandatangani kontrak baru dengan Good Entertainment pada tahun 2004. Kemudian pada tahun 2011, grup ini mendirikan perusahaan mereka sendiri untuk mengelola aktivitas grup, yang mereka beri nama Shinhwa Company.

Di samping aktivitas grup, para member juga memperluas kegiatan mereka dengan menjalankan beberapa proyek solo mereka masing-masing, seperti akting, MC, bernyanyi solo, mengisi variety show, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Ngeri! Nyawa Taruhannya! Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Berbahaya Di Dunia!

2. TVXQ!

TVXQ!
TVXQ! (Allkpop)

Berikutnya, ada TVXQ! yang juga dibentuk oleh SM Entertainment. TVXQ merupakan singkatan dari Tong Vfang Xien Qi. Selain itu, grup ini juga dikenal sebagai Tohoshinki di Jepang dan terkadang juga dipanggil dengan nama DBSK yang diambil dari nama Korea mereka, Dong Bang Shin Ki.

Boy group TVXQ! debut dan tampil untuk pertama kalinya di hadapan publik pada 26 Desember 2003 dalam konser kolaborasi BoA dan Britney Spears. Di sana mereka membawakan lagu “Hug” dan “O Holy Night.”

Sebelum dikenal hanya memiliki dua orang member seperti saat ini, TVXQ! mulanya debut bersama lima member, di antaranya meliputi U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu. Namun sayangnya, pada tahun 2010, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memutuskan untuk keluar karena suatu masalah dengan agensi. Mereka selanjutnya diketahui membentuk grup baru bernama JYJ.

Meski ditinggalkan tiga member-nya, TVXQ! mampu membuktikan bahwa mereka tetap bisa bertahan dan menjadi begitu populer. Tak hanya itu saja, mereka juga berhasil meraih banyak sekali prestasi membanggakan.

3. Super Junior

Super Junior
Super Junior (Allkpop)

Masih dari agensi SM Entertainment, kini ada Super Junior. Boy group ini debut dua tahun setelah TVXQ! terbentuk, tepatnya yakni pada 6 November 2005.

Pada awalnya, Super Junior debut bersama dua belas member yang meliputi Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum dengan nama Super Junior 05.

Baca Juga:  5 Drama Korea Kim Sejeong, Ada Business Proposal hingga Today's Webtoon

SM Entertainment mulanya ingin menerapkan konsep rotasi untuk grup ini, dengan member yang ditambahkan dan dihapus secara teratur. Namun, agensi membuang konsep ini setelah menambahkan member ketiga belas, Kyuhyun, pada tahun 2006. Grup ini kemudian dikenal hanya dengan nama Super Junior, tanpa akhiran “05.”

Beberapa tahun kemudian, Hangeng, Kibum, dan Kangin memutuskan untuk keluar dari grup secara bergantian. Sehingga kini Super Junior hanya tinggal memiliki sembilan member aktif dan satu member hiatus.

Pada ulang tahun ke-10 Super Junior, SM Entertainment mengumumkan bahwa label baru bernama Label SJ, yang berafiliasi dengan SM, telah dibentuk secara eksklusif untuk mengelola aktivitas Super Junior secara independen. Itu juga termasuk aktivitas solo mereka dan aktivitas sebagai sub-unit.

4. BIGBANG

BIGBANG
BIGBANG (Allkpop)

Lalu, ada boy group besutan YG Entertainment, BIGBANG, yang debut secara resmi pada 19 Agustus 2006. Grup ini kini terdiri dari empat member yang meliputi G-Dragon, T.O.P, Taeyang, dan Daesung. Awalnya, BIGBANG memiliki lima member, tetapi Seungri kemudian mundur dari dunia hiburan pada Maret 2019 karena terlibat dalam sebuah kontroversi.

Debut BIGBANG bisa dibilang cukup sukses dengan album pertama mereka Bigbang Vol.1 yang berhasil terjual sebanyak 48.000 kopi. Popularitas grup ini pun terus melesat setelahnya yang diikuti dengan perilisan beragam lagu hit mereka.

Pada April 2022 lalu, BIGBANG baru saja melangsungkan comeback yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar. Mereka comeback dengan merilis single terbaru dengan tajuk “Still Life.”

Baca Juga:  Buat Kamu Si Anak “Kopi” Banget, Tahu Gak Si 10 Fakta Unik Tentang Kopi? Kepoin Yuk Disini!

Ini merupakan comeback pertama mereka dalam empat tahun sekaligus menjadi penampilan pertama mereka sebagai grup dengan empat orang member setelah hengkangnya Seungri.

5. SHINee

SHINee
SHINee (Allkpop)

Ada satu lagi grup asal SM Entertainment yang juga masuk dalam daftar dan mereka adalah SHINee. Grup ini resmi debut pada 25 Mei 2008 bersama Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin lewat lagu “Replay.”

Seperti grup pendahulunya di SM Entertainment, popularitas SHINee juga begitu meroket. Mereka sukses memenangkan beragam penghargaan hingga berhasil memuncaki berbagai chart penjualan album.

Di tengah kepopuleran mereka, SHINee diterpa kabar duka dan kesedihan yang begitu mendalam atas kepergian Jonghyun pada Desember 2017. Sejak saat itu, SHINee pun lalu melanjutkan aktivitas mereka bersama empat orang member.

Usai Onew, Key, dan Minho merampungkan wajib militer mereka, SHINee sempat melakukan comeback dengan album ketujuh mereka yang bertajuk Don’t Call Me pada Februari 2021. Selang beberapa bulan kemudian, grup ini kembali merilis album repackage mereka Atlantis pada April 2021.

Wah, keren sekali ya kelima boy group K-Pop di atas yang masih bisa tetap eksis hingga saat ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *