fbpx
Berita Terbaru Indonesia

7 Fakta ATBO, Boy Group Terbaru IST Entertainment

Potret ATBO
Potret ATBO (Twitter/@kpop_sbs)

Baru-baru ini salah satu agensi hiburan asal Korea Selatan, IST Entertainment, diketahui telah resmi mendebutkan sebuah boy group baru di bawah naungannya bernama ATBO, yang merupakan singkatan dari At the Beginning of Originality. ATBO juga mengandung arti ambisi tim untuk membuka cerita baru dan orisinal.

Debut ATBO yang dilakukan pada akhir Juli 2022 lalu ini tentunya disambut begitu antusias oleh para penggemar, utamanya oleh mereka yang telah lama mengikuti perjalanan ATBO sejak para member-nya masih menjadi kontestan di survival show dulu.

Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin mengenal lebih jauh tentang boy group satu ini, yuk simak beberapa fakta ATBO berikut ini!

1. Merupakan boy group terbaru bentukan IST Entertainment

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ATBO_groud)

ATBO merupakan boy group terbaru sekaligus pertama yang dibentuk oleh IST Entertainment setelah agensi ini melakukan merger. Pada November 2021, Play M Entertainment dan Cre.Ker Entertainment resmi bergabung menjadi satu dan mendirikan agensi baru, yang kemudian diketahui bernama IST Entertainment.

Play M Entertainment dan Cre.Ker Entertainment sendiri sama-sama merupakan anak perusahaan dari Kakao Entertainment. Sebelum penggabungan mereka, daftar artis dari Play M Entertainment meliputi Apink, VICTON, dan Weeekly, sementara Cre.Ker Entertainment merupakan agensi yang menaungi THE BOYZ.

2. Resmi debut pada 27 Juli 2022

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ATBO_groud)

Setelah beragam teaser foto dan video dibagikan kepada publik melalui media sosial resmi mereka, boy group ATBO pun akhirnya resmi memulai debut mereka pada Rabu (27/7/2022). ATBO memulai debut mereka dengan merilis album debut bertajuk The Beginning : 開花, yang juga dibarengi dengan perilisan music video (MV) untuk lagu utama “Monochrome (Color).”

Baca Juga:  Respek! 7 Selebritis Memulai Karir dari Nol

Lalu, berbicara mengenai lagu “Monochrome (Color).” Lagu utama dari album debut ATBO ini merupakan lagu hip hop dance yang menyampaikan tekad ATBO untuk melukis dunia dengan warna grup yang beragam. Salah satu member ATBO, Oh Junseok, diketahui juga ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik rap yang memberikan dampak yang lebih kuat dalam lagu tersebut.

3. Debut bersama 7 member

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ist_ent)

Boy group ini debut bersama tujuh orang member yang di antaranya meliputi Oh Junseok, Ryu Junmin, Bae Hyunjun, Seok Rakwon, Jeong Seunghwan, Kim Yeonkyu, dan Won Bin. Ketujuh member tersebut memiliki jarak usia yang tak terlalu jauh. Empat member merupakan member kelahiran tahun 2003, sedangkan tiga member lainnya lahir pada tahun 2004.

Oh Junseok diketahui lahir pada 3 Maret 2003. Ryu Junmin lahir pada 5 April 2003. Bae Hyunjun lahir pada 6 Juni 2003. Seok Rakwon lahir pada 14 November 2003. Jeong Seunghwan lahir pada 27 Januari 2004. Kim Yeonkyu lahir pada 3 Mei 2004. Won Bin lahir pada 1 Juli 2004.

4. Dibentuk melalui survival show THE ORIGIN – A, B, Or What?

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ATBO_groud)

ATBO mulanya dibentuk melalui sebuah survival show bernama THE ORIGIN – A, B, OR What? Program ini dibuat oleh IST Entertainment yang diproduksi bersama dengan Kakao Entertainment dan Sony Music Solutions.

Program ini menampilkan para trainee yang dievaluasi berdasarkan keterampilan mereka oleh artis K-Pop senior, juri ahli, dan anggota audiens langsung, yang memberi pemirsa kesempatan untuk melihat potensi pertumbuhan para kontestan saat mereka bersaing untuk debut.

Baca Juga:  10 Fakta Unik AESPA

THE ORIGIN – A, B, OR What? dimulai pada Maret 2022 dan berakhir pada Mei 2022. Program ini awalnya diikuti oleh 13 orang kontestan. Kemudian, terpilihlah 7 kontestan terakhir yang diumumkan masuk dalam line up debut. Para kontestan tersebut meliputi Oh Junseok, Ryu Junmin, Bae Hyunjun, Yang Donghwa, Seok Rakwon, Jeong Seunghwan, dan Kim Yeonkyu.

5. Awalnya bernama ABO

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ATBO_groud)

Pada awalnya, grup ini sebenarnya diberi nama ABO, tetapi kemudian berubah menjadi ATBO. Hal ini terjadi lantaran nama ABO telah menimbulkan banyak kekhawatiran dari para penggemar.

Beberapa orang menunjukkan bahwa ABO dapat dengan mudah dikaitkan dengan cercaan rasial yang ofensif. Ini hampir identik dengan cercaan etnis terhadap orang Aborigin Australia, yang berasal dari awal abad ke-20. Meski memiliki perbedaan arti dan pengucapan yang jelas, mereka khawatir jika nantinya hal tersebut bisa berpotensi menimbulkan masalah.

Memahami kekhawatiran dari para penggemar, IST Entertainment pun kemudian memutuskan untuk mengganti nama grup menjadi ATBO, dengan tetap mempertahankan arti aslinya.

6. Sempat mengalami perubahan anggota

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ATBO_groud)

Beberapa bulan menjelang debut, grup ini terpaksa harus melakukan perubahan anggota. Karena tindakannya yang salah di masa sekolah, Yang Donghwa yang semula direncanakan masuk dalam line up debut diumumkan batal bergabung dengan ATBO.

Menyusul pemberitahuan tersebut, Won Bin lalu diumumkan menggantikan Yang Donghwa untuk debut bersama ATBO. Meski telah tereliminasi dalam survival show THE ORIGIN – A, B, OR What? tetapi Won Bin menerima skor tertinggi selama evaluasi. Hal inilah yang kemudian membuatnya terpilih dan akhirnya masuk dalam line up debut ATBO.

Baca Juga:  Nikita Mirzani Masuk Rumah Sakit? Ini 6 Berita Terbaru Mengenai Nikita Mirzani

7. BOAT menjadi nama fandom dari ATBO

Fakta ATBO
Fakta ATBO (Twitter/@ATBO_groud)

Pada pertengahan Juli 2022, ATBO secara resmi mengumumkan tentang nama fandom grup mereka. Menurut pengumuman yang dibagikan, nama fandom ATBO adalah BOAT. BOAT berasal dari permainan kata untuk ATBO yang memiliki arti bergabung dengan grup dalam perjalanan mereka yang akan datang.

Nah, itulah dia sederet fakta mengenai boy group terbaru dari IST Entertainment, ATBO. Jadi, member mana nih yang merupakan member favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *