fbpx
Berita Terbaru Indonesia

8 Fakta Perjalanan Karier Kang Tae Oh, Pernah Debut Jadi Idol

Potret Kang Tae Oh
Potret Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Nama Kang Tae Oh kini tengah ramai menjadi perbincangan hangat para pencinta K-Drama. Ia sukses mencuri perhatian banyak orang atas perannya sebagai Lee Jun Ho dalam drama Korea terbaru Extraordinary Attorney Woo.

Selain Extraordinary Attorney Woo, Kang Tae Oh ternyata sebelumnya juga pernah membintangi beberapa judul drama lain yang tak kalah menarik. Ia bahkan juga sempat melangsungkan debutnya sebagai idol beberapa tahun lalu.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang sosok Kang Tae Oh, yuk simak sederet fakta perjalanan karier Kang Tae Oh berikut ini!

1. Diperkenalkan sebagai member 5URPRISE pada tahun 2013

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

5URPRISE merupakan grup aktor pertama di Korea Selatan. 5URPRISE dibentuk oleh Fantagio pada September 2013. Grup ini terdiri dari lima orang member, yang meliputi Seo Kang Joon, Yoo Il, Gong Myung, Kang Tae Oh, dan Lee Tae Hwan.

Kelima member tersebut terpilih melalui program Actor′s League, sebuah program dari Fantagio yang bertujuan untuk menemukan calon aktor dan kemudian dilatih selama dua tahun sebelum melakukan debut mereka.

2. Debut akting lewat web drama After School: Lucky or Not

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Jika biasanya member grup lain akan memulai kariernya terlebih dahulu sebagai idol dan lalu melebarkan sayap mereka ke dunia akting, maka hal ini tak berlaku pada member 5URPRISE. Kang Tae Oh dan para member lainnya malah melakukan hal yang sebaliknya.

Baca Juga:  List Drama Aktris Park Eun Bin, Pengacara Genius di Extraordinary Attorney Woo

Alih-alih debut sebagai idol, kelima member 5URPRISE justru lebih dulu debut sebagai aktor. Kelimanya memulai karier mereka dalam dunia akting lewat web drama After School: Lucky or Not.

After School: Lucky or Not menceritakan tentang kisah siswi pemalu dan tidak suka berpetualang bernama Kim So Eun yang bertemu dengan lima anggota klub sekolah. Kelima anggota tersebut kemudian menjadikannya sebagai pemimpin baru mereka. Setelah itu, mereka lalu mulai menjalankan berbagai misi fantastis dan luar biasa.

Dalam web drama After School: Lucky or Not ini, Kang Tae Oh berperan sebagai salah satu anggota klub sekolah bernama Kang Tae Poong.

3. Debut sebagai idol lewat single album 5URPRISE 1st SINGLE – From My Heart

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Usai resmi menjadi aktor, Kang Tae Oh dan member 5URPRISE lainnya pun kemudian memulai debut mereka sebagai idol dengan merilis single album 5URPRISE 1st SINGLE – From My Heart pada 18 November 2014.

Lagu utama single album ini berjudul “From My Heart.” Lagu tersebut merupakan lagu pop urban R&B kolaboratif yang dibuat oleh komposer hit maker Cho Young Soo dan penulis lirik Kim Eana. Liriknya mengungkapkan cerita tentang seorang pria yang rela mengabdikan segalanya untuk cinta.

4. Menerima penghargaan pertama di acara VTV Awards pada tahun 2015

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Berkat aktingnya dalam drama Forever Young, Kang Tae Oh berhasil memenangkan kategori penghargaan Impressive Actor di acara VTV Awards pada tahun 2015.

Baca Juga:  9 Fakta Menarik Drama Extraordinary Attorney Woo yang Akan Rilis Versi Webtoon

Selain itu, ia juga diketahui sering masuk nominasi dan tak jarang juga berhasil menang di beberapa acara penghargaan lainnya.

5. Tahun 2018, sempat membintangi film Feng Shui

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Tak hanya membintangi drama, Kang Tae Oh juga dipercaya untuk bermain dalam beberapa film. Salah satunya ialah Feng Shui yang dibintanginya pada tahun 2018.

Dalam film ini, Kang Tae Oh berperan sebagai salah satu pemain pendukung bernama Won Kyung. Feng Shui menceritakan tentang kisah seorang ahli feng shui jenius bernama Park Jae Sang yang mampu mengubah nasib seseorang dengan keahliannya, serta keserakahan dan ambisi mereka yang mencoba memperebutkan takhta dan menjadi raja.

6. Pindah agensi usai kontrak ekslusifnya dengan Fantagio berakhir

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Kontrak eksklusif Kang Tae Oh dengan Fantagio berakhir pada 31 Maret 2020. Hal ini pun berlaku pada member 5URPRISE lainnya. Kelimanya juga kompak memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak mereka dengan agensi tersebut.

Bersama Seo Kang Joon, Yoo Il, dan Lee Tae Hwan, Kang Tae Oh kemudian menandatangani kontrak dengan agensi baru bernama Man of Creation (M.O.C) pada 8 April 2020. Setelah para member-nya memutuskan untuk meninggalkan Fantagio, grup 5URPRISE diketahui sudah tak lagi aktif seperti sebelumnya.

7. Namanya kian melambung setelah membintangi Extraordinary Attorney Woo

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Nama Kang Tae Oh kian melambung tinggi dan ia berhasil meraih kepopuleran secara internasional setelah membintangi drama Korea terbaru Extraordinary Attorney Woo.

K-Drama ini menceritakan tentang kisah Woo Young Woo, seorang pengacara muda dengan sindrom Asperger yang bergabung dengan sebuah firma hukum besar. Ia memiliki IQ yang tinggi yakni 164, ingatan yang luar biasa, dan proses berpikir yang kreatif. Namun sayangnya, ia memiliki kecerdasan emosional yang rendah dan keterampilan sosial yang buruk.

Baca Juga:  Lima Film Indonesia Yang Sukses Mendunia

Beradu akting dengan Park Eun Bin, Kang Tae Oh sendiri dipercaya untuk memainkan peran Lee Jun Ho. Lee Junho merupakan rekan kerja Woo Young Woo di firma hukum Hanbada.

8. Diumumkan akan segera wajib militer

Perjalanan Karier Kang Tae Oh
Perjalanan Karier Kang Tae Oh (Instagram/@kto940620)

Belum lama ini, Kang Tae Oh diumumkan bakal segera menjalani wajib militer. Ia diperkirakan akan berangkat sekitar bulan Agustus atau September 2022 mendatang.

Menurut keterangan Man of Creation, Kang Tae Oh kemungkinan akan mendaftar sebagai tentara aktif saat wajib militer nanti.

Sayangnya, pengumuman wajib militer ini justru menuai pro kontra dari netizen. Ada yang mendukung, tetapi ada pula yang menyayangkan Kang Tae Oh harus wamil secepat ini di saat ia sedang naik-naiknya.

Namun, apa pun itu keputusan yang diambil, mari kita terus berikan dukungan untuk karier Kang Tae Oh ke depannya. Sukses selalu, Kang Tae Oh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *