fbpx
Berita Terbaru Indonesia

15 Fobia Paling Unik di Dunia yang Jarang Diketahui

fobia paling unik

Pada dasarnya setiap manusia memiliki ketakukan pada sesuatu. Namun, jika kamu mengalami ketakutan terlalu parah atau irasional maka itu bisa disebut dengan fobia. Fobia dapat menimbulkan perasaan cemas dan taku berlebih saat berhadapan langsung dengan pemicunya.

Mungkin ada berbagai jenis fobia yang tidak asing di telinga kamu, namun ternyata ada fobia paling unik di dunia dan banyak yang belum mengenalnya. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap jenis fobia paling unik di dunia.

Fobia Paling Unik di Dunia

fobia paling unik
Ilustrasi seseorang yang ketakutan karena fobia. (Liputan 6)

Berikut ini jenis fobia paling paling unik di dunia yang cukup mencengangkan untuk didengar, yaitu :

1. Fobia dengan kabar baik (Euphobia)

Umumnya seseorang akan bahagia jika mendapatkan kabar baik, bukan? Tapi ternyata ada seseorang yang memiliki ketakutan akan kabar baik, loh. Bagaimana bisa? Iya, fobia yang lebih dikenal dengan sebutan Euphobia ini sebenarnya bukan takut dengan kabar baik melainkan takut kabar baik yang ia dapatkan adalah kabar baik yang palsu.

2. Fobia selai kacang yang menempel di langit-langit mulut (Arachibutyrophobia)

Jenis fobia paling unik lainnya adalah rasa takut jika selai kacang menempel di langit mulut. Fobia yang dikenal dengan Arachibutyrophobia ini bisa dialami oleh oleh seseorang dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Beberapa kondisi mungkin menyebabkan penderitanya tidak bisa makan selai kacang. Bahkan bukan hanya selai kacang tapi makanan yang memiliki konsistensi serupa juga kemungkinan akan dihindari.

3. Fobia tanpa ponsel (Nomophobia)

Semakin berkembangnya teknologi ponsel, banyak orang yang menggunakan ponselnya dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, banyak juga yang merasa cemas saat tidak membawa ponselnya.

Nah, ada situasi dimana seseorang mengalami gejala kecemasan ekstrem saat tidak membawa ponselnya. Kondisi inilah yang disebut dengan Nomofobia. Fobia jenis ini termasuk langka meskipun banyak orang yang merasa cemas saat tidak membawa ponsel.

Baca Juga:  Tips Belajar dari para Seleb yang bisa kamu terapkan !

Sebuah peneletian menemukan jika 23% siswa laki-laki mengalami Nomophobia. Dari jumlah tersebut, 77% akan memeriksa ponsel lebih dari 35 kali sehari.

4. Fobia jatuh cinta (Philophobia)

Jatuh cinta bisa membuat seseorang bahagia, namun bagi seseorang yang mengalami Philophobia akan merasa cemas saat jatuh cinta. Lebih jauh lagi, fobia ini menyebabkan penderitanya takut berkomitmen dengan pasangannya.

Biasanya orang yang mengidap fobia ini akan menjadi sosok penyendiri, sering merasa sedih, kesepian, dan kebingungan. Penyebab seseorang mengalami fobia ini adalah kehilangan orang tuanya atau karena orang tuanya bercerai.

5. Fobia angka (Arithmophobia)

Apakah kamu sering menjumpai seseorang bercanda dengan mengaku mengalami fobia matematika? Ternyata candaan ini juga masuk akal, loh. Pada dasarnya ada seseorang yang memang mengalami perasaan takut dan cemas berlebihan saat sedang mengerjakan matematika.

Lebih jelasnya, ketakutan ini biasa disebut dengan Arthmophobia atau numerophobia. Pada kondisi tertentu, seseorang yang mengalami fobia ini sulit melakukan pekerjaan yang berurusan dengan angka.

6. Fobia uang (Plutophobia)

Jenis fobia paling unik lainnya adalah Plutophobia. Fobia jenis ini dianggap unik karena banyak orang yang mengharapkan dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun berbeda dengan seseorang yang mengalami Plutophobia, mereka akan merasa takut menjadi kaya dan pada orang kaya.

Plutophobia dapat menyebabkan karir seseorang tidak berkembang. Sebab ketakutan menjadi kaya juga berasal dari ketakutan dengan tanggung jawab dan tekanan karena memiliki uang.

7. Fobia dengan kasur (Clinophobia)

Kasur biasanya menjadi kebutuhan seseorang untuk beristirahat dengan nyaman. Namun, bagi penderita Clinophobia kasur akan terlihat menakutkan dan enggan untuk tidur di atasnya. Biasanya mereka akan tidur di sofa atau karpet.

Baca Juga:  Sebagai Generasi Muda, Yuk Kenali 9 Fakta Menarik Wayang Kulit!

8. Fobia bekerja (Ergophobia)

Seseorang yang mengalami fobia jenis Ergophobia akan merasakan takut saat sedang bekerja. Penderita fobia ini akan merasakan cemas yang berlebihan hingga tubuhnya bergetar. Penyebab seseorang mengalami fobia ini adalah pengalaman yang tidak mengenakkan saat bekerja di masa lalu.

9. Fobia warna kuning (Xanthophobia)

Salah satu fobia paling unik lainnya adalah Xanthophobia. Fobia jenis ini menyebabkan penderitanya ketakutan dengan warna kuning. Fobia ini memang tidak menimbulkan efek yang parah, namun bisa menyebabkan penderitanya takut dengan benda apapun yang berwarna kuning, misalnya bunga dan bus sekolah.

10. Fobia mandi (Ablutophobia)

Mandi adalah aktivitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Sebab memang tujuannya adalah untuk membersihkan diri. Namun beberapa anak sering mengalami ketakutan untuk mandi atau membersihkan diri.

Beberapa penderita Ablutophobia memiliki alasan mengapa menganggap mandi menjadi hal yang menakutkan. Biasanya Ablutophobia disebabkan oleh peristiwa traumatis yang melibatkan air.

11. Fobia dengan angka delapan (Octophobia)

Selain fobia angka, ada juga fobia dengan angka delapan yang disebut dengan Octopobhia. Tak hanya angka delapan, ada juga fobia pada angka lainnya seperti takut dengan angka tiga belas (triskaidekaphobia).

Ketakutan pada angka delapan ini juga termasuk dalam hal-hal tertulis misalnya di iklan atau alamat. Octophobia juga takut dengan objek yang berkelompok hingga berjumlah delapan baik manusia maupun hewan.

Penyebab fobia ini adalah adanya kemiripan angka delapan dengan tanda infinity. Selain itu, peristiwa traumatis dengan angka delapan juga menyebabkan seseorang mengalami fobia ini.

Baca Juga:  Ini 6 Komedian Indonesia yang Bikin Ngakak Terus Gak Bisa Berhenti!

12. Fobia dengan tangan (Chirophobia)

Tangan adalah salah satu anggota tubuh manusia yang sangat penting. Namun, bagaimana jika itu menjadi sumber ketakutan seseorang? Tentunya ini akan sangat merepotkan. Penderita fobia tangan atau yang biasa disebut dengan Chrophobia ini biasanya mengakali dengan menggunakan sarung tangan.

13. Fobia dengan tawa (Geliophobia)

Tertawa menunjukkan rasa bahagia dalam diri seseorang. Namun, siapa sangka jika ada jenis fobia paling unik yang takut dengan tawa. Penderita Geliophobia ini akan mengalami ketakutan dan rasa cemas yang berlebihan saat tertawa maupun berada di sekitar orang tertawa.

Beberapa penderita mengobati fobia ini dengan melakukan terapi untuk membatasi kecemasan terhadap tawa di situasi yang tidak pantas saja.

14. Fobia sinar matahari (Heliphobia)

Bagi siapa saja yang menderita fobia ini tidak hanya takut dengan sinar matahari, namun juga saat berada di bawah lampu yang terang. Penderita Heliphobia ini akan merasa cemas dan panik berlebihan.

15. Fobia dengan hal baru (Neophobia)

Memang hal yang wajar saat tidak menyukai hal-hal baru. Akan tetapi, jika ketakutan tersebut sudah besar dan memberikan dampak buruk, maka itu bisa disebut dengan Neophobia.

Fobia ini menyebabkan penderitanya tidak mendapatkan pengalaman baru. Jadi seseorang yang mengalami fobia ini bisa jadi mempersingkat harapan hidupnya. Sebab penderita Neophobia ini dapat mempengaruhi karir, kebahagiaan, dan kesejahteraannya.

Itulah daftar fobia paling unik yang ada di dunia. Meskipun terlihat sepele dan jarang diketahui orang, fobia ini juga dapat memberikan dampak yang mengganggu. Jadi jika Anda menderita salah satu fobia di atas, sebaiknya segera lakukan terapi untuk mengurangi gejalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *