fbpx
Berita Terbaru Indonesia

9 Fakta Menarik Dangdut, Musik Indonesia yang Tak Pernah Redup

fakta menarik dangdut
Rhoma Irama sedang tampil di atas panggung. (Kompas)

Siapa yang tak mengenal dangdut? Genre musik yang memiliki alunan musik mendayu-dayu ini merupakan musik yang berasal dari Indonesia. Sebagai musik asli Indonesia, dangdut tidak pernah kehilangan pamornya. Hal ini tidak terlepas dari fakta menarik dangdut yang beragam.

Kamu penasaran dengan fakta menarik dangdut? Pembahasan dalam artikel ini akan menghilangkan rasa penasaranmu. Mengapa dangdut dapat eksis di sepanjang zaman?

Fakta Menarik Dangdut

fakta menarik dangdut
Penyanyi dangdut sedang tampil. (Portal Madura)

Meskipun banyak yang bilang dangdut adalah musik kampungan, namun musik dangdut seringkali di putar di acara-acara. Kamu menyadarinya, bukan? Mulai di acara nikahan, khitan, festival, perayaan ulang tahun kota, hingga acara di saluran televisi.

Nah, ini membuktikan bahwa banyak orang yang masih menjadikan musik dangdut sebagai identitas diri karena keunikannya. Kira-kira apa saja keunikan dan fakta menarik dangdut?

1. Sejarah musik dangdut

Dangdut merupakan musik yang lahir dari musik melayu deli yang muncul di sekitar tahun 1940. Kemudian musik ini mulai berkembang di Jakarta dan daerah-daerah lainnya.

Pada waktu itu, Jakarta merupakan wilayah yang mempertemukan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Sehingga musik dari Deli tersebut disisipi unsur musik Arab dan India. Musik dangdut pun memiliki lebih banyak pesona dan menarik perhatian banyak orang.

Selama perjalanan dangdut tersebut, mulai bermunculan penyanyi dangdut legendari seperti Ellya Khadam dan Muhammad Mashabi. Kedua penyanyi ini tergabung dalam sebuah orkes melayu dan melahirkan banyak lagu yang menjadi cikal bakal dangdut.

Di sekitar tahun 1950-an akhir, Ellya Khadam mengeluarkan lagu yang berjudul Boneka India. Lagu ini sangat populer hingga majalah Tempo meliputnya. Lagu tersebut menyebutkan bahwa Boneka India merupakan campuran dari musik melayu dan onomatope suara alat musik gendang dan tabla dari India dengan bunyi ‘dang-ding-dut’. Supaya penyebutnnya lebih mudah, orang-orang meringkasnya dengan sebutan ‘dangdut’.

Baca Juga:  Ini Dia Ilmuwan Indonesia Yang Diakui Dunia

2. Identitas musik Indonesia

Dangdut merupakan genre musik yang otentik dan mencerminkan identitas musik asli Indonesia. Dalam sebuah buku berjudul “Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia” yang ditulis oleh Profesor Andrew Weintraub menyebutkan jika kemunculan musik dangdut tahun 50-an selalu identik dengan kehadiran suling dan gendang.

Sementara kedua alat musik tersebut tidak pernah lepas dari identitas rakyat Indonesia. Belum lagi suara cengkok pada musik dangdut yang khas dan merdu membuat dangdut menjadi candu.

3. Musik sejuta umat

Musik dangdut dapat menggambarkan segala perasaan, baik senang, sedih, kehilangan, hampa, hingga merana. Selain itu, dangdut juga hadir tidak hanya dengan alunan musik bertempo lambat, tapi juga cepat. Keanekaragaman dangdut ini membuat genre musik ini disukai semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Bagi yang ingin mendengarkan musik untuk relaksasi, musik dengan tempo lambat bisa menjadi pilihan. Sementara bagi seseorang yang ingin mencari hiburan dengan bergoyang, dangdut bertempo cepat adalah pilihan terbaik.

4. Go Internasional

Tak hanya populer di dalam negeri, dangdut juga mendapatkan pamornya di luar negeri. Misalnya saja di Jepang, ada sebuah pagelaran orkes dengan nama Orkes Melayu Rakyat Negeri Matahari yang disingkat OM RANEMA. Selain itu, ada jenis musik yang memiliki unsur dangdut dan campursari di Jepang. Musik itu dikenal dengan funkot.

Selain Jepang, di Rusia ada sebuah perempuan cantik bernama Alina Saraswati yang menunjukkan bakatnya di bidang musik dangdut. Ia mengeluarkan single berjudul “Pengen Kawin”. Single Alina ini merupkan bukti betapa ia mengagumi dan menyukai dangdut.

Baca Juga:  5 Drama Korea Nam Yoon Su Selain Today's Webtoon

Jika kamu ingin mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Alina ini, kamu bisa langsung mengunjungi YouTubenya dengan nama Alina Saraswati.

5. Ada ahli dangdut dari Negeri Paman Sam

Dangdut bukan hanya digemari oleh orang-orang di luar negeri. Namun, dangdut juga sempat diteliti oleh seorang profesor dari Amerika bernama Andrew Weintraub. Profesor Andrew Weintraub telah meneliti segala hal tentang dangdut sejak masih kuliah di program sarjana tepatnya di tahun 1984.

Berkat penelitiannya itu, Profesor Andrew Weintraub menerbitkan sebuah buku berjudul “Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia”. Buku ini menunjukkan banyak hal tentang dangdut mulai dari sejarah hingga perkembangannya.

6. Diajukan ke UNESCO

Ada banyak kesenian dan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO seperti keris, angklung, dan batik. Dangdut juga mendapatkan kesempatan untuk diakui oleh UNESCO. Pengajuan dangdut sebagai Warisan Budaya Indonesia ini dilakukan oleh Agung Laksono selaku Menko Kesra di tahun 2012.

Namun, pengajuan tersebut hingga kini belum mendapatkan persetujuan dari UNESCO. Hingga saat ini masih belum jelas mengapa UNESCO belum menyetujuinya. Meskipun begitu, musik dangdut tetap dinikmati dan dicintai oleh masyarakat Indonesia, bukan?

7. Punya Raja Dangdut

Amerika punya Raja Pop yang dipegang oleh Michael Jackson, maka Indonesia juga memiliki Raja Dangdut, Rhoma Irama. Kira-kira kenapa Rhoma Irama bisa menerima gelar tersebut?

Jawabannya bisa dibuktikan dengan karyanya. Rhoma Irama bersama dengan anggota bandnya, Sonata telah melahirkan banyak lagu dangdut populer, seperti Darah Muda, Begadang, dan Bujangan. Selain itu, ia juga sudah melakukan banyak pentas baik di dalam maupun luar negeri.

Bahkan kemampuan menyanyi dan menulis lagu yang dimiliki Rhoma Irama ini sudah diakui di berbagai penghargaan. Ia mendapatkan banyak penghargaan seperti The South East Asia Superstar Legend yang diadakan di Singapura dan memecahkan rekor muri sebagai Penyanyi Legend.

Baca Juga:  12 Drama Korea Jinyoung GOT7, Terbaru Ada Yumi's Cells 2

Berkat kemampuan dan prestasinya itulah, Rhoma Irama menyandang sebagai raja dangdut yang hingga kini belum lengser. Apakah kamu sudah mendengarkan salah satu lagu dari raja dangdut ini?

8. Melahirkan penyanyi terkenal

Saat membicarakan dangdut, bukan hanya Rhoma Irama saja yang diingat. Ada banyak penyanyi berbakat yang lagunya diminati banyak orang, seperti Rita Sugiarto, Didi Kempot, Elvy Sukaesih, Ikke Nurjanah, Inul Daratista, dan masih banyak lagi contohnya.

Selain itu, saat ini sudah banyak televisi yang mengadakan program audisi untuk musik dangdut. Dari program tersebut, mulai banyak bermunculan penyanyi dangdut masa kini yang kemampuannya tak kalah dengan pendahulunya, seperti Siti Badriah, Dewi Persik, Lesti Kejora, Nazar, Rizki Ridho, Nella Kharisma, dan masih banyak lagi.

9. Punya goyangan yang unik

Banyak yang bilang dangdut tak akan terlepas dengan goyangan. Inilah fakta menarik dangdut yang diakui oleh banyak orang. Goyangan menjadi ciri khas dan identitas tersendiri bagi musik dangdut.

Bahkan tak jarang penyanyi dangdut menciptakan goyangan dengan nama yang unik, seperti goyang gergaji. Meskipun begitu, goyangan pada musik dangdut juga tak terlepas dari kritikan karena dianggap sedikit vulgar.

Nah, itulah fakta menarik dangdut yang perlu kamu ketahui sebagai masyarakat Indonesia. Dari penjelasan tentang fakta menarik dangdut di atas kamu pasti memahami mengapa dangdut selalu menjadi musik utama di acara pernikahan atau mengapa konser musik dangdut tidak pernah sepi pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *