fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Ini Dia Karnaval dan Festival Unik Didunia

foto : medcom

Karnaval ataupun festival selalu menjadi daya tarik setiap negara untuk menarik baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Beragam karnaval ataupun festival menghadirkan sisi unik disetiap negaranya. Biasanya festival atau karnaval ini hadir diwaktu – waktu atau perayaan tertentu. Lalu apa saja sih karnaval dan festival unik dan dinanti oleh wisatawan yang ada di dunia ?

1.  La Tomatina Festival – Spanyol

La tomatina festival merupakan festival tahunan yang diadakan dibagian timur Spanyol, tepatnya di kota Bunol, provinsi Valencia. La tomatina festival ini berawal pada hari Rabu tahun 1945, yang pada saat itu terdapat anak muda sedang menghabiskan waktunya untuk menghadiri parade raksasa dan figur kepala besar. para pemuda yang Sebagian besar laki – laki ini ikut bergabung dalam barisan parade para musisi. Semangat dari pemuda itu membuat salah satu partisipan terjatuh. Akhirnya partisipan tersebut marah dan memukul siapa saja yang ada didepannya. Tak terima dengan perlakuan tersebut partisipan lain yang sedang berada dilokasi tepatnya disebuah pasar melemparkan tomat kepada sesamanya hingga petugas datang untuk menghentikan kejadian tersebut. Pada tahun berikutnya para pemuda memilih untuk bertikai dengan membawa tomat secara pribadi. Namun kegiatan ini tetap dilarang oleh polisi karena dianggap mengundang kekacauan, larangan tersebut mengundang demonstran di negara Spanyol untuk mengadakan aksi mengubur tomat. Dari aksi tersebut mendapatkan respon positif yang akhirnya la tomatina festival diperbolehkan. Akhirnya la tomatina festival diadakan setiap tahunnya dan pada tahun 2002 dinobatkan sebagai Festivity of International Tourist Interest oleh Sekretaris Dinas Pariwisata karena kesuksesannya.

Baca Juga:  8 Film Caitlin Halderman yang Patut untuk Ditonton, Salah Satunya Ivanna

2. Jember Fashion Carnaval

JFC atau yang lebih dikenal dengan nama Jember Fashion Carnaval merupakan sebuah acara karnaval yang diadakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jember Fashion Carnaval ialah karnaval diadakan setiap tahun dengan menampilkan busana. Acara Jember Fashion Carnaval ini berawal dari keluarga Dynand Fariz yang selalu mengadakan acara perlombaan dalam setiap acara kumpul keluarga yang diadakan satu tahun sekali. Dari acara tersebut membuat Dynand Fariz dan kakanya Susanto berinisiasi untuk mengadakan acara yang Bernama Dynand Fariz Fashion House pada tahun 1997. Nah, seiring waktu dan banyak kegatan yang sudah dilakukan dalam Dynand Fariz Fashion Week. Akhinya pada tahun 2002 Dynand Fariz mencetuskan gagasannya untuk membuat parade diarea sekitar Dynand Fariz Fashion House diikuti oleh seluruh karyawan.

Dari kegiatan parade diatas akhirnya terlahir gagasan besar untuk mengadakan sebuah event serupa namun  dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk menggali potensi yang lebih banyak melalui satu kegiatan sosial sarat edukasi yakni Jember Fashion Carnaval. Hal yang patut dibanggakan adalah Jember Fashion Carnaval ini berhasil meraih berbagai prestasi didunia yang diikuti 40 hingga 80 negara loh.

3. The International Highline Meeting Festival – Italia

Selanjutnya The international highline meeting festival ini berasal dari Italia. The international highline meeting festival merupakan festival yang terbilang ekstrim loh. Hal tersebut dikarenakan festival yang berada dikawasan Dolomites ini menyediakan tempat tidur gantung untuk para partisipannya. Tetapi tidak digantung diantara dua pohon melainkan diantara dua tebing di pegunungan Alpen Italia, Monte Piana. Hal yang lebih menakutkan ialah terdapat jurang ribuan meter dengan dasar dipenuhi bat- batu tajam tepat dibawah tempat tidur gantungnya loh. Wah, sangat menakutkan ya.

Baca Juga:  11 Fakta Menarik Lee Sang Yeob Pemeran Drama Eve

4. Rio Carnaval

Selanjutnya ada karnaval terbesar dan paling ditunggu – tunggu oleh warga Brasil dan turis global nih. rio Carnaval, merupakan carnaval yang berasal dari Brasil ini termasuk karnaval tebesar di dunia. Terdapat banyak parade kostum yang dibawakan dengan tari samba yang bisa disaksikan turis lokal hingga global. Bukan hanya parade rio carnaval dijadikan tempat kompetisi bagi siswa sekolah samba, 3000 hingga 5000 siswa hadir untuk mengikuti rio carnaval ini loh. Sebelum rio carnaval ini dimulai ada acara Bernama blocos, ini merupakan pesta atau parade dengan ukuran yang lebih kecil. Nah yang paling ditunggu – tunggu ialah pemilihan raja karnaval. Raja karnaval terpiih akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

5. Tomorrowland – Belgia

Tomorrowland merupakan festival terbesar di benua Eropa. Bagaimana tidak, tomorrowland ini merupakan festival music terbaik selama 5 tahun berturut – turut. Festoval yang ada di kota Boom, Belgia ini sudah ada sejak 2005. Tomorrowland merupakan acara music electronic. Festival yang berbeda dengan festival lainnya ni berhasil mencuri perhatian banyak wisatawan. Bagaimana tidak, tiket Tomorrowland ini selalu habis terjual jauh sebelum acara dimulai. Setiap tahunnya pengunjung Tomorrowland ini selalu bertambah hingga 200.000 pengunjung ditahun 2012. Saat tahun 2013 tiket Tomorrowland bisa ludes terjual dalam satu detik saja nih. Diadakan dalam waktu tiga hari  dengan total pengunjung terdiri dari kurang lebih 75 negara ini membuat panitia menyediakan tempat penginapan yang dinamakan Dreamville. Nah, bukan hanya di kawasan Tomorrowland, ternyata dikawasan Dreamville panitiapun menyediakan hiburan yang dapat dinikmati para pengunjung yang menginap dikawasan tersebut. Pengunjung yang membludak ini ada alasan tersendiri untuk datang ke Tomorrowland. Hadirnya ratusan DJ ternama membuat para pengunjung berbondong – bondong untuk menghandiri acara yang diadakan setiap satu tahun sekali ini.

Baca Juga:  9 Fakta Menarik Drama Extraordinary Attorney Woo yang Akan Rilis Versi Webtoon

Nah itu dia karnaval dan festival terunik yang didunia. Bukan hanya unik karnaval dan festival diatas merupakan acara yang ditunngu – tunggu oleh turis lokal hinggal global loh. Semoga dengan ulasan artikel ini bisa memudahkan kalian untuk mencari referensi tempat untuk liburan dengan cara menikmati karnaval dan festival yang ada dibeberapa negara diatas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *