fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Tips Belajar dari para Seleb yang bisa kamu terapkan !

Freepik @mindandi

Kita menjadi seorang yang sedang menempuh pendidikan entah masih duduk di bangku SD, SMP, SMA atau Perguruan Tinggi pastinya memerlukan waktu untuk Belajar agar materi-materi yang disampaikan oleh Pengajar baik itu Guru atau Dosen bisa tetap berada di ingatan kita dan kita bisa memahaminya dengan baik. untuk itu kit perlu tau tips dan trik supaya kegiatan belajar kita bisa efektif. Beberapa Seleb atau Public Figure yang kita kenal memiliki caranya sendiri lho untuk membuat kegiatan belajar sukses. Yuk, kita simak dahulu :

  1. Maudy Ayunda

Maudy Ayunda merupakan seorang artis dan penyanyi asal Indonesia yang dikenal sangat berprestasi, tidak hanya dibidang entertainment. Perempuan kelahiran 1994 ini juga dikenal sebagai perempuan yang berprestasi dibidang akademik. Maudy telah menyelesaikan studinya di Oxford University dan Stanford University yang merupakan Universitas yang bergengsi di dunia. Maudy yang baru saja menikah pada tahun 2022 ini juga punya beberapa tips lho untuk belajar yang efektif dan bisa kamu coba terapkan di kegiatan belajar kamu, yuk kita simak beberapa tips dari Maudy Ayunda untuk belajar efektif dibawah ini :

  • Memahami Konsep terlebih dahulu.

Kamu harus paham apa saja yang dibahas pada materi terebut seputar konsep dan maksudnya sendiri, jadi bukan menghafal keseluruhan tapi kamu harus paham dahulu konsepnya seperti apa.

  • Fokus pada materi yang belum kamu pahami

Ketika kamu sudah mulai memahami sebuah materi, pastinya ada beberapa hal yang membuat kamu bertanya-tanya. Jika ada materi yang belum kamu pahami secara keseluruhan. Alangkah baiknya kamu mencoba untuk fokus pada materi tersebut terlebih dahulu.

  • Menulis Catatan dengan bahasa sendiri
Baca Juga:  Profil Jerome Polin, Youtuber Muda yang Jago Matematika

Jika kamu sedang mendengarkan seorang guru tau tutor belajarmu atau kamu sekedar menonton video belajar yang ada di youtube kamu bisa menulis sebuah catatan dengan gaya bahasa mu sendiri agar kamu lebih mudah memahaminya.

  • Baca kembali catatan yang sudah kamu buat

Ketika kamu selesai menulis catatan materi, kamu sebaiknya membaca dan mempelajarinya ulang. Kurang lebih 20 menit, hal ini dilakukan agar kamu bisa tetap mengingat dan lebih paham dengan materi tersebut

Maudy Ayunda’s IG (maudyayunda)
  • Belajar tidak hanya pada saat ujian

Tips kali ini mungkin banyak kamu jumpai dibanyak orang dan hal ini benr untuk dilakukan. Jika kita belajar pada saat hari ujian datang maka kita akan kurang maksimal untuk memahami materi-materi pelajaran yang ada.

  • Koreksi Latihan / PR / Ujian yang sudah dinilai

Saat kamu memiliki Latihan soal, PR Sekolah atau Hasil Akhir Ujian sebaiknya kamu mengkoreksi kembali jawabanmu yang salah dan temukan jawaban yang benar dan setelah itu kamu bisa meminta tolong kepada guru atau tutormu untuk mengkoreksi jawabanmu.

  • Ikut Seminar atau Kuliah Umum

Hal ini dilakukan agar kamu semakin menambah wawasan yang luas dan mengenal banyak orang yang dimana kamu diharapkannya bisa berkomunikasi dengan mereka dan bertukar pikiran saat ada sesi Tanya jawab.

  • Bangun Pagi hari jam 5 dan Gunakan Metode 20-20-20

Maudy juga membagikan tips ini yang mana maksud metode 20-20-20 sendiri sangat unik yang dimana tips satu ini bisa efektif membentuk suatu kebiasaan yang bagus untuk kamu. 20 menit pertama bisa kamu gunakan untuk Olahraga, 20 Menit untuk melakukan meditasi dan 20 menit terakhir kamu bisa gunakan untuk membaca buku.

Baca Juga:  6 Bencana Alam Terparah di Indonesia

2. Wendy Red Velvet

Wendy merupakan salah satu anggota girl group asal Korea Selatan yaitu Red Velvet. Wendy yang dikenal memiliki kepribadian yang sangat ramah kepada para staff, reporter serta fans. Perempuan yang memiliki nama asli Son Seungwan ini ternyata pernah bersekolah di luar negeri juga lho.

Sejak 12 tahun Wendy memutuskan untuk bersekolah di Shattuck-st  Marry’s School , Minessota di Kanada dan Richmond Hill High School yang mana hal itu menuntutnya untuk menguasai bahasa inggris. Tidak hanya itu, Wendy juga dikenal sebagai Idol yang memiliki multilingual lho. Wendy bisa berbahasa Korea, Inggris, Spanyol, Prancis, Mandarin dan Jepang.

Menurut Wendy sendiri yang dikutip dari soompi bahwasannya dia menganggap belajar bukan sebagai sebuah beban namun melainkan ntuk bersenang-senang.  Selain itu, wendy juga berpikir bahwasannya dukungan dari orang tua sangat membantunya dalam belajar. hal itu diceritakan wendy pada saat acara program keluarga Hello Conselor 2014 tahun lalu.

3. Jerome Polin

Siapa yang tidak mengenal Jerome Polin? Sosoknya yang sangat pintar di bidang Matematika ini tidak segan-segan membagi tips dan trik seputar belajar. Banyak sekali video serupa yang bisa kamu tonton di channel youtube miliknya yang biasa kita kenal dengan Nihongo Mantappu.
Jerome Polin menganggap bahwasannya kita harus memahami hal-hal dasar dahulu sebelum mencoba hal yang rumit. Karena jika kita bisa menjawab atau mengatasi persoalan yang dasar kita bisa memecahkan atau menjawab hal-hal rumit dengan lebih mudah.

Baca Juga:  15 Mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Indonesia

Yuks kita simak dahulu beberapa tips dari Jerome:

  • Pelajari hal-hal dasar terlebih dahulu agar kamu bisa memecahkan persoalan rumit dengan mudah.
  • Buatlah jadwal belajar untuk diri kamu setiap harinya dan buatlah target, karena belajar di sekolah saja belum cukup. Kita perlu mengulang kembali pelajaran yang ada disekolah agar kita tidak akan cepat melupakan materi tersebut dan bisa lebih paham. Untuk target sendiri hal itu dilakukan agar kita bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.
  • Fokus pada belajar kamu dari apapun, ketika kamu sudah membuat sebuah jadwal belajar kamu harus konsisten untuk mengikuti jadwal yang sudah kamu buat sendiri.
  • Belajar bersama teman-temanmu, agar kamu lebih memahami materi kamu juga bisa mengajak atau belajar bersama teman-temanmu agar bisa bertukar pikiran satu sama lain dan hal itu bisa membuat kamu untuk selalu semangat dalam belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *