fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Makanan Terenak Didunia, Diantaranya Dari Indonesia

Sumber Foto : kulineria.id

Makan, termasuk rutinitas yang dilakukan manusia setiap harinya. hal tersebut mendorong banyak orang dari berbagai negara untuk menciptakan makanan yang dikonsumsi baik oleh dirinya sendiri maupun untuk disajikan kepada orang lain. Hampir seluruh negara mempunyai makanan lezat yang akhirnya menjadi ciri khas negara tersebut. Lalu makanan apa saja sih yang terenak didunia ?

Makanan terenak didunia versi UNESCO dan CNN adalah

1. Massaman curry, Thailand

Makanan terenak didunia salah satunya hadir dari negara Thailand nih.  massaman cury ini merupakan makanan kari Thailand yang umumnya berisi daging sapi. Seperti kuah kari pada umumnya massaman curry ini kaya akan rempah sehingga memiliki aroma yang khas. Berasal dari kaum muslim Thailand makanan yang cocok disajikan dengan nasi ini konon dibawa melalui utusan Persia dan pedagang pada abad ke 16.

2. Neapolitan Pizza, Italia

Makanan yang sudah bertebaran diberbagai negara dan dijuluki makanan terenak didunia ialah makanan yang berasal dari Italia. Pizza merupakan makanan yang memiliki sejarah panjang. Dengan bentuk bulat dengan beragam toping pizza ini berhasil membuat warga lokal hingga intenasional suka dengan makanan khas Italia ini. Pizza yang cocok dilidah banyak orang diberbagai penjuru negara ini memiliki adonan atau tekstur seperti roti, namun tamilan yang lebih tipis dan dihiasi bergam topping membuat pizza lebih digemari oleh banyak orang.

Baca Juga:  6 Bencana Alam Terparah di Indonesia

3. Cokelat Meksiko

Makanan ini merupakan makanan yang digemari banyak orang dari usia anak – anak hingga dewasa, yaitu cokelat. Cokelat ternyata menjadi salah satu makanan yang terenak didunia loh. Eits, namun bukan sembarang cokelat yang dianugrahi sebagai makanan yang terenak didunia melainkan cokelat Meksiko. Cokelat  merupakan sebuah sebutan hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Nah,ternyata cokelat ini dikonsumsi pertama kalinya oleh para penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman saja loh. Dulu cokelat ini hanya bisa dikonsumsi oleh jajaran para bangsawan saja. Yang membedakan coklat Meksiko dengan cokelat lainnya adalah proses dan bahan yang didunakan dalam pembuatan cokelat. Cokelat yang disajikan di Meksiko ini mempunya rasa yang authentic, hal iniah yang membuat cokelat dari Meksiko mendapatkan julukan makanan terenak didunia.

4. Sushi Jepan

Makanan terenak didunia selanjutnya hadir dari negara Jepang. Sushi namanya, makanan yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk, bisa berupa makanan laut, daging bahkan hingga sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Sushi ini memiliki cita rasa yang cenderung asam yang lembut karena sushi ini dibumbui dengan campuran cuka beras, garam dan gula. Nah sushi ini awal mulanya berasal dari metode pengawetan ikan dari Asia Tenggara kemudian menyebar ke Tiongkok hingga sampailah ke Jepang. Metode pengawetan ikan dengan cara menaruh ikan diatas nasi kemudian dibungkus dengan daun ini bernama narezushi. Lalu dengan berjalannya waktu akhirny ditemukan lah cikal bakal sushi pada taun 1600 hingga 1800 di Jepang.

Baca Juga:  Tips Belajar dari para Seleb yang bisa kamu terapkan !

5. Rendang Indonesia

Makanan yang kaya akan rempah ini berasal dari Indonesia. Rendang namanya, masakan khas Padang Indonesia ini berhasil menaklukan lidah para penikmatnya bukan hanya dari dalam negeri saja nih, melainkan hingga ke mancanegara loh. Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga nih, karena rendang dinobatkan sebagai makanan warisan dunia oleh UNESCO. Rendang merupakan olahan daging sapi yang proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam tradisi Minangkabau rendang ini merupakan sajian wajib yang harus disajikan dalam setiap perayaan adat. Selain itu juga, ternyata rendang ini merupakan makanan yang sudah dikenal sejak abad ke 16 loh.

6. Nasi Goreng, Indonesia

Nasi Goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dalam satu wajan penggorengan. Nasi Goreng ini memiliki cita rasa yang ciamik karena dipadukan bumbu lainnya. Seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis. Biasamya disajikan dengan irisan tomat, mentimun dan kerupuk. Nasi Goreng ini merupakan makanan yang ada disetiap negara. Namun Indonesia memiliki nasi goreng dengan varian berbeda. Seperti nasi goreng kambing, petai ikan asin hingga nasi goreng khas jawa.

7. Dim sum, Hongkong

Makanan unik yang disajikan dikukusan bambu ini merupakan makanan khas hongkong yang dinamai dim sum. Dim sum awal mulanya meruakan makanan yang dinikmati para raja di pagi hari nih. awal mulanya dim sum ini hanya tersedia di restoran – restoran non halal karena bahannya mengandung daging babi. Namun seiring berkembangnya waktu olahan dimsum beralih dengan bahan dasar daging ayam hingga daging sapi. Hal ini membuat dim sum dapat dikonsumsi oleh semua orang. Tekstur yang kebut dan rasa yang ciamik membuat dim sum ini laris keseluruh penjuru negara.

Baca Juga:  7 Fakta Menarik Desta, Lahir di Surakarta sampai Bergelar Orang Sakti

8. Peking Duck, Tiongkok

Peking Duck atau lebih sering  dikenal bebek peking ini merupakan hidangan istimewa kekaisaran di China. Nah ternyata, China merupakan negara pertama yang menjadikan bebek sebagai olahan hindangan makanan. Bebek peking ini ternyata disajikan  secara utuh tanpa dipotong – potong. Disajikan dengan saus khas dan aneka lalapan atau sayuran ini melewati pengolahan yang cukup panjang dengan berbagai Teknik. Bebek yang dijadikan olahan bebek peking ini tidak sembarang bebek loh, melainkan bebek yang khusus diternakan untuk jadi konsumsi dengan aneka oakan berkualitas.

Nah, itu dia beragam makanan yang dijuluki makanan terenak didunia versi CNN dan UNESCO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *