fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Ini Dia Ilmuwan Indonesia Yang Diakui Dunia

foto : komentaren

Tidak hanya dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya ternyata Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki ilmuwan yang diakui dunia loh. Kita warga negara Indonesia patut bangga dengan beberapa ilmuwan Indonesia yang berhasil menemukan penemuan yang berguna didunia. Lalu siapa saja sih ilmuwan asal Indonesia yang diakui dunia ? ini dia pembahasannya.

1. B.J Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie yang lebih dikenal dengan B.J Habibie mantan presiden RI yang dikenal sebagai ilmuwan asal Indonesia oleh seluruh dunia. Ilmuwan ini disematkan pada B.J Habibie karena beliau menemukan teori Crack yang digunakan unuk menghitung crack propagation on random hingga ke atom-atom pesawat terbang, gal tersebut digunakan untuk mengetes kualitas pesawat terbang. Tak verhenti disitu, B.J Habibie juga menciptakan pesawat terbang sendiri berjenis CN-235 dan N-250, dan membantu dalam produksi pesawat Eropa berjenis A-300.

2. Adi Utarini

Adi Utarini merupakan seorang ilmuwan Sains yang membanggakan Indonesia. Hal tersebut dikarenakan  Prof dr Adi Utarini, MSc, MPH, PhD ini berhasil menemukan penemuan untuk memberantas penyakit yang menyerang hingga 400 juta orang diseluruh dunia setiap tahunnya yaitu demam berdarah. Selain itu Prof Adi Utarini juga masuk ke daftar Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020 dari jurnal ilmu pengetahuan Nature. Wah sangat membanggakan sekali ya.

3. Mezak Arnold Ratag

Ilmuwan asal Indonesia selanjutnya yang diakui dunia ada Mezak Arnold Ratag. Lahir di Jawa Timur pada September tahun 1962, Prof Mezak Arnold Ratag ini merupakan ilmuwan asal Indonesia yang berhasil menemukan penemuan 100 buah nebula  planeter di tata surya loh. Berkat penemuan – penemuannya nama Prof Mezak yang merupakan putra ketiga dari pasangan Prof. Alexander Ratag dan Grietje Kawengian ini  diabadikan kedalam 120 Planetary Nebula Cluster loh.

Baca Juga:  7 Fakta menarik Tretan Muslim, dari Kuliah 3 Kampus hingga ingin Jihad di Palestina

4. Tri Mumpuni

Pemilik nama lengkap Tri Mumpuni Wiyoko merupakan tokoh pengembang kemandirian masyrakat dikawasan terpencil melalui Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Mikro (PLTHM). Karya dari Tri Mumpuni atau Puni ini ternyata bukan hanya diakui oleh masyrakat dalam negeri melainkan sudah diakui oleh kancah internasional. Ibu dua anak yang lahir di Semarang tanggal 6 Agustus tahun 1964 ini tidak jarang setiap harinya tinggal disatu desa yang jauh dari akses infrastuktur dan informasi. Hal tersebut Puni lakukan untuk memastikan kesiapan masyarakat dalam pembangunan listrik mikro hidro.

5. Joe Hin Tjio

Seorang ilmuwan yang lahir di Pekalongan tanggal 2 November tahun 1919 ini merupakan salah satu ilmuwan yang diakui dunia.  Hal tersebut dikarena Joe Hin tjio ini berhasil menemukan kromosom manusia yang berjumlah 23 pasang. Walaupun dilahirkan di Indonesia Tjio ini ternyata lebih dikenal sebagai ahli sitogenetika Amerika. Hal ini dikarenakan selama 23 tahun terakhir hidupnya dihabiskan di Institut Kesehatan Nasional (National Institute of Health), Amerika Serikat.

6. Khoirul Anwar

Assoc. Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng ini merupakan ilmuwan Indoensia yang lahir di kediri 1978. Hal yang membanggakan dari Khoirul Anwar ini merupakan ilmuwan yang dikenal sebagai pemilik paten dari teknologi broadband yang merupakan standard pada international Telecommunication Union (ITU), baik untuk sistem teresterial (di bumi) maupun satelit (di luar angkasa). Selain itu Khoirul Anwar ini merupakan penemu Teknik tranmisi wireless dengan dua buah FFT. Dari Teknik ini Khoirul Anwar mendapatkan penghargaan pada Januari 2006 dari IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006. Teknik yang di temukan Khoirul Anwar ini dijadikan  salah satu system pada uplink 4G LTE.

Baca Juga:  8 Fakta Menarik Adinda Thomas, Pemeran Widya di Film KKN di Desa Penari

7. Warsito P Taruno

Lahir di Surakarta 19 Mei tahun 1967 Dr. Warsito Purwo Taruno merupakan ilmuwan Indonesia yang lulusa dari jurusan Teknik Kimia Universitas Gajah Mada. Setelah melewati banyak permasalahan dalam percobaan akhrinya Warsito berhasi menemukan pemindai 4D berbasis ECVT. Hal yang patut dibanggakan karena hasil penemuan Warsioto ini menjadi incaran perusahan minyak terkemuka di Amerika Serikat. Hal ini dikarena penemuan Warsito ini bisa mengungguli kemapuan CT ataupun MRI. Teknologi pemindai 4D pertama ini dipatenkan oleh Warsito di Amerika Serikat pada lembaga paten Internasional. Dalam pengembangannya teknologi ini diakui bahkan digunakan oleh berbagai lembaga besar seperti NASA dan lembaga – lembaga besar lainnya yang berada didunia. Selain hal diatas ternyata Warsito juga menemukan alat pembasmi kangker yang telah digunakan oleh pasien pengidap kangker dari berbagai negara. Hal tersebut berhasil mengantarkan Warsito untuk mendapatt beragam penghargaan dalam dan luar negeri.

8. Josaphat T. S. Sumantyo

Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D merupakan ilmuwan Indonesia yang lahir di Bandung tanggal 25 Juni tahun 1970. Lebih akrab dengan panggilan Josh ini merupakan anak Indonesia yang berhasil mengharumkan tanah air. Bukan hanya karena pemegang jabatan sebagai professor tetap di Center for Environmental Remote Sensing saja. Tapi Josh yng merupakan putra dari pasangan Michael Suman Juswaljati dan Florentina Srindadi ini merupakan pemegang paten antenna mikrostip yang dapatt digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan satelit. Selain itu juga Josh merupakan penemu circularly polarized synthetic aperture untuk pesawat tanpa awak dan small satellite serta radar peramala cuaca 3 dimensi loh. Hal – hal tersebut pun berhasil mengantarkan Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D ini meraih berbagai macam penghargaan dalam dan luar negeri.

Baca Juga:  10 Fakta Unik AESPA

Nah itu dia ilmuwan Indonesia yang diakui di dunia. Semoga dengan adanya ilmuwan ini bisa menginspirasi generasi muda di Indonesia untuk semangat terus dalam berkarya, berinovasi menemukan hal – hal baru hingga mendunia juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *