fbpx
Berita Terbaru Indonesia

7 Fakta menarik Tretan Muslim, dari Kuliah 3 Kampus hingga ingin Jihad di Palestina

Aditya Muslim atau akrab dikenal Tretan Muslim, merupakan seorang komedian jebolan SUCI yang kerap menuai kontroversi. Bersama patnernya yaitu Coki Pardede, ia kerap melempar jokes “pinggir jurang” sebagai ciri khas komedi mereka.

Sebelum jauh di titik sekarang, Tretan Muslim ternyata memiliki pengalaman panjang dalam hidupnya. Ia pernah kuliah di 3 kampus dan juga hampir terjun ke Palestina untuk ikut jihad. Seperti apa perjalanan hidup Tretan Muslim? Simak ulasannya berikut ini.

1. Komedian dengan ciri khas Madura

Tretan Muslim adalah komika asli asal Madura. Ia lahir pada 10 Maret 1991 di Bangkalan, Madura. Ciri khas ke-madura-annya ini dibawa ke panggung entertainment sampai sekarang. Mulai dari nama Tretan yang dalam Bahasa Madura berarti saudara, materi stand up soal kebiasaan orang Madura, sampai style berpakaian khas Madura dibawanya sampai sekarang.

2. Memulai karier sebagai komika di SUCI 3

Tretan Muslim mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak mengikuti Stand Up Comedy Indonesia season ke tiga. Pada saat itu ia gagal juara dan hanya sanggup sampai babak 6 besar.

Kemudian ia membentuk kelompok trio yang beranggotakan Pras Teguh, Arif Alfiansyah, dan Tretan Muslim yang diberi nama Overacting. Setelah cukup dikenal, Tretan Muslim menjadi Youtuber dengan nama Tretan Universe. Dalam Youtube tersebut, terdapat konten-konten seperti Tretan Barber Soup, dimana konten tersebut ia berperan menjadi tukang cukur. Lalu ada konten Last Hope Kitchen, dimana konten ini ia menjadi koki untuk masak-masak dengan eksperimen “aneh” ala anak kos.

Baca Juga:  Fakta Menarik Drama Anna, Comeback Suzy Setelah 2 Tahun

Untuk saat ini ia makin rajin membuat konten yang kebih variatif di Youtube pribadinya dan juga Majelis Lucu Indonesia (MLI).

3. Membintangi film layar lebar

Tretan Muslim juga pernah membintangi beberapa film layar lebar Indonesia. Film yang dibintangi Tretan Muslim diantaranya adalah Ngenest (2015), Get Up Stand Up (2016), Comic Kong X Kong (2016), The Underdogs (2017), dan Yowis Ben (2018).

4. Kuliah di 3 Kampus

Tretan Muslim pernah kuliah di 3 kampus berbeda. Pertama, ia pernah kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra Satya Widya program Sastra Inggris pada tahun 2008, tetapi tidak lulus karena jarang masuk kelas pada semester awal dan mengaggap pelajarannya terlalu mudah. Kedua, ia pernah kuliah di Universitas Muhammadiyah Surabaya program studi Keperawatan pada tahun 2009 dan berhasil lulus. Ketiga, ia pernah kuliah di Universitas Esa Unggul program studi Kesehatan Masyarakat pada tahun 2015 dan tidak sampai lulus dan mengundurkan diri karena mendapat tawaran syuting sinetron.

5. Belajar agama sejak kecil dan pernah dibenci temannya

Lahir di Madura membuat Tretan Muslim dikenal sebagai pria yang religius. Ia mengaku belajar agama di Madrasah sejak usia SD. Tak hanya itu, ia juga sering mengikuti pengajian saat malam tiba.

Kemudian, saat tumbuh besar di SMA ia mengaku pernah dibenci teman-temannya karena pernah kampanye tidak boleh pacaran menggunakan hadis-hadis ke anak-anak sekolah. Tretan Muslim mengaku perbuatan tersebut dimulai saat ia membaca buku-buku agama yang menurutnya tidak pantas dibaca oleh anak seusianya. Selain itu, ia juga menganggap bahwa ia memang pantas dibenci oleh teman-temannya karena membawa nilai agama yang tidak asik.

Baca Juga:  6 Bencana Alam Terparah di Indonesia

6. Keinginan jihad ke Palestina

Bersemangat dalam beragama tak membuat Tretan Muslim cukup mendakwahi anak-anak SMA untuk tidak boleh pacaran. Ia bahkan mengaku sempat ingin berangkat jihad ke Palestina. Ia berpendapat bahwa konflik tersebut korbannya adalah umat Islam. Oleh karena itu, atas dasar itu ia ingin ikut jihad di Palestina.

7. Kasus Tretan Muslim

Titik terendah Tretan Muslim barangkali adalah saat ia terkena kasus bersama temannya yaitu Coki Pardede. Hal ini bermula saat ini dan Coki Pardede membuat konten Youthbe tentang memasak daging babi yang dicampur air kurma pada Oktober 2018 lalu. Kasus ini diduga oleh candaan Tretan Muslim dan Coki Pardede yang dinilai menginjak-injak Agama Islam. Akhirnya, untuk bertanggung jawab atas masalah ini, Tretan Muslim dan Coki Pardede sempat mengundurkan diri dari MLI sekaligus dunia hiburan dan mulai muncul kembali di dunia hiburan pada awal 2019 yang lalu secara bertahap.

Itulah 7 fakta menarik tentang Tretan Muslim. Gimana nih, Bestie? Fakta mana nih Bestie yang menarik menurut kamu? Yuk, share di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *