fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Benarkah Akan Terjadi Perang Dunia 3 dan Negara Manakah Yang Terlibat ?

Black Smoke Coming From Fire

Invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 silam tak kunjung ada tanda-tanda berakhir. Invasi tersebut disebabkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidatonya yang mengumumkan melakukan operasi militer khusus di Ukraina.

Tak lama kemudian setelah pidato Putin berakhir, terjadi ledakan yang dahsyat di Kramtorsk, Ukraina. Dengan perkiraan setidaknya 1000 penduduk sipil Ukraina ikut berperang diantaranya lebih dari 500 orang meninggal dunia dan 900 orang terluka.

Sumber berbagai pihak, agresi militer Rusia ke Ukraina itu menjadi indikasi menuju perang dunia 3. Hal tersebut dikarenakan negara-negara adidaya secara tak langsung terlibat dalam konflik Rusia dan Ukraina. Benarkah akan benar-benar terjadi perang dunia 3? Yuk simak pandangan beberapa tokoh dunia!

1. Pendapat Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan mungkin saja perang dunia 3 akan terjadi setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan agresi militer. Hal itu dikatakannya dalam wawancara dengan NBC News 16 Maret 2022. Zelenskyy berkata, “Mungkin ini (perang dunia 3) sudah terjadi. Dan apa kemungkinannya jika Ukraina jatuh? Mungkin saja Ukraina jatuh”.

“80 tahun saat Perang Dunia terjadi, tragedi yang sama mengguncang dunia. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan perang skala penuh akan meletus,” timpal Zelenskyy. Sebelum wawancara dengan NBC News, dia meminta bantuan Amerika Serikat sebagai pentolan NATO untuk memberlakukan zona larangan terbang atau no fly zone di atas langit Ukraina.

Baca Juga:  Sederet Fakta dan Berita Terkini Perang Rusia dan Ukraina Bikin Ngeri!

2. Pendapat Investor, Bill Ackman

Merespon permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy agar Amerika Serikat memberlakukan zona larangan terbang atau no fly zone, investor dan miliarder Amerika Serikat Bill Ackman makin waspada aja nih sama yang namanya perang dunia 3.

Menurutnya, jika Amerika Serikat beserta NATO terus-terusan ikut-ikutan dalam konflik Rusia dan Ukraina, bisa memprovokasi Putin untuk melancarkan serangan nuklir.

“Lalu apa yang kita lakukan ketika Putin menginginkan lebih? Ancaman nuklir tidak berbeda ketika dia mengambil negara berikutnya, apakah itu bagian dari NATO atau bukan? Dan pada saat itu kita bicara strategis lebih buruk”, ungkap Bill Ackman melalui media sosial pada 8 Maret 2022 silam.

3. Pendapat Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani

Menurut Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati berpendapat, kondisi geopolitik Rusia dan Ukraina akan berdampak pada terjadinya perang dunia 3. Berbagai perubahan ekstrim pun terjadi, termasuk kenaikan harga komoditas yang sangat tinggi. Sebagai konsekuensinya berbagai negara mengambil langkah ketat supaya kondisi keuangan dan ekonomi tetap stabil.

4. Pendapat Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg

Pendapar yang sama juga diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg. Dalam pernyataan pers pada 16 Maret 2022, Stoltenberg menyatakan bahwa Rusia harus menghentikan agresi ke Ukraina dan segera mengadakan diplomasi untuk menghindari terjadinya perang dunia 3. Stoltenberg mengatakan,”Presiden Putin harus menghentikan perang dan melakukan diplomasi dengan niat yang baik”.

Baca Juga:  6 Tragedi Paling Kelam di Indonesia yang Masih Menyisakan Luka

5. Pendapat Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda

Berikutnya ada pendapat dari Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda. Nauseda berpendapat, perang dunia 3 akan segera terjadi jika agresi Rusia ke Ukraina tidak dihentikan. Dia khawatir jika Putin percaya diri akan menginvasi negara Eropa Timur lain yang bergabung dengan NATO.

Itulah pendapat beberapa tokoh dunia akan terjadinya perang dunia 3. Semoga aja nggak terjadi perang dunia 3 ya bestie! Kalo memang terjadi perang dunia 3, negara mana aja

– Faksi Pertama: NATO dan Pro Amerika Serikat

Kalo perang dunia 3 terjadi maka akan ada NATO dan negara-negara pro Amerika Serikat. Negara-negara pro Amerika Serikat, seperti Arab Saudi, Israel, Ukraina, Taiwan, Meksiko, India, Brasil, dan Nepal.

– Faksi Kedua: Pro Rusia dan China

Rusia beserta China yang berada faksi kedua pihak yang terlibat perang dunia 3. Disusul dengan negara-negara pro Rusia dan China, seperti Iran, Suriah, Afghanistan, Kuba, Venezuela, dan Korea Utara.

Semoga kita berharap agar perang dunia 3 gak akan terjadi. Karena perang bukan langkah bijak menyelesaikan konflik. So, gimana pendapat bestie tentang terjadinya perang dunia 3? Silakan share di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *