fbpx
Berita Terbaru Indonesia

Buat Kamu Si Anak “Kopi” Banget, Tahu Gak Si 10 Fakta Unik Tentang Kopi? Kepoin Yuk Disini!

person pouring water on white ceramic mug

Mana suaranya para pecinta kopi? Secangkir kopi di pagi hari untuk mood booster, siang secangkir lagi untuk menahan kantuk, secangkir lagi malam hari untuk teman begadang. Tapi kalau dilakukan setiap hari bahaya gak sih? Menarik nih dibahas, yuk kepoin 10 fakta unik tentang kopi.

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Aromanya yang khas, rasanya yang bikin candu, dan kafeinnya yang bikin nagih, membuat kopi menjadi minuman yang digemari sejuta umat, alias “siapa sih yang gak suka kopi?”.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak suka kopi, tapi kebanyakan dari mereka, karena alasan asam lambung. Tapi terlepas dari kondisi “terpaksa” karena faktor kesehatan, mayoritas orang tetap menjadikan kopi sebagai minuman “wajib” terutama di pagi hari.

Buat Si “Senja-Kopi” Harus Banget Tahu 10 Fakta Unik Tentang Kopi!

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui kandungan dari kopi dan dampaknya untuk kesehatan, jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Namun ada banyak hal unik lain dari “si hitam pahit” ini yang wajib kamu tahu.

1. Kafein Bisa Menyebabkan Kematian

Siapa yang pernah mendengar ungkapan semacam ini? Beberapa orang lantas menganggap kafein adalah “racun” yang bisa membunuh manusia. Faktanya, kafein memang bisa menjadi penyebab kematian, kalau dikonsumsi secara berlebihan.

Misalkan saja minum kopi 80-100 cangkir dalam waktu 1 jam, ya jelas saja akan menyebabkan muntah – muntah, keracunan, dan bisa berujung pada kematian. Dimana – mana, yang berlebihan memang tidak baik, kawan.

Tidak hanya kopi, jika kamu mengonsumsi susu dengan porsi yang tidak wajar, itu juga bisa membahayakan tubuh kamu. Jadi, konsumsilah sesuatu secara wajar saja. Dan bagi kamu yang punya masalah kesehatan, maka lebih baik jangan mengonsumsi kopi.

Baca Juga:  10 Fakta Unik AESPA

2. Penemu Kopi Adalah Kambing Afrika

Tidak seperti penemuan – penemuan pada umumnya. Pasalnya, kopi ditemukan oleh sekelompok kambing di suatu gunung di Benua Afrika. Seorang pengembala tidak bisa tidur karena kambing – kambingnya masih terjaga setelah memakan semacam buah berry di siang harinya.

Karena merasa ada yang aneh dengan kambing gembalaannya, ia pun menemui para biarawan dan menceritakan kondisi kambing – kambingnya. Para biarawan tersebut mencoba buah itu dan merasakan hal yang sama, mereka terjaga sepanjang malam.

Begitulah cerita pendek dari penemuan kopi oleh Kambing Afrika, dan sejak saat itulah, kopi mulai dikenal sebagai bahan minuman. Kemudian terus dikembangkan, hingga kini kita bisa menjumpai berbagai macam jenis kopi dari seluruh penjuru dunia.

3. Kopi Decaf Tetap Mengandung Kafein

Kopi decafein adalah jenis olahan kopi yang sudah mengalami proses decafein menggunakan bahan kimia, untuk menghilangkan kandungan kafeinnya. Namun ternyata, kafein di dalam kopi decafein tidak sepenuhnya hilang.

Hanya saja, kandungan kafeinnya memang lebih kecil 5 – 10 kali lipat daripada kopi biasa. Kopi decafein bisa menjadi alternatif untuk kamu yang punya masalah asam lambung, tapi tetap ingin menikmati kopi. Asal masih dalam porsi wajar dan tidak berlebihan.

4. Kopi Bisa Jadi Bahan Bakar Mobil

Ada penelitian yang menyatakan bahwa kopi bisa menjadi bahan bakar untuk mobil. Namun bukan untuk sembarang mobil. Jangan sampai kamu mengisi tangki mobil kamu dengan seduhan kopi ya guys.

Penggunaan kopi untuk bahan bakar ini berlaku untuk jenis mobil “Car-puccino”, yaitu jenis mobil Volkswagen Scirocco pada tahun 1988. Dimana mobil tersebut memang dirancang khusus agar bisa dioperasikan dengan bahan bakar ampas kopi.

Baca Juga:  Tips Belajar dari para Seleb yang bisa kamu terapkan !

5. Kopi Termahal Di Dunia, Harganya 8 Juta!

Berapa harga kopi yang biasanya kamu beli di kedai atau cafe? Ternyata, ada kopi termahal di dunia yang harganya mencapai 8,4 juta, per 450 gram. Kopi tersebut adalah jenis kopi luwak asli.

Namun hingga saat itu, kopi dengan harga setara harga laptop itu masih diperdebatkan, karena dinilai menyiksa luwak dalam proses pembuatannya. Gimana guys? Kalian tertarik untuk mencobanya?

6. Teori Ilmiah Dibalik Busa Kopi Dalgona

Kopi dalgona sempat viral beberapa waktu lalu karena menjadi trend untuk mengisi kegabutan saat pandemi Covid-19. Ciri khas dari kopi ini adalah bentuknya yang berupa busa kopi seperti foam yang mengembang.

Ternyata, ada teori atau penjelasan ilmiah dibalik busa dari dalgona kopi. Busa tersebut terbentuk karena ada rasio bahan – bahan pembuatan kopi yang harus tepat. Misalkan saja, jika airnya terlalu banyak, maka tidak akan membentuk busa, meskipun diaduk terus menerus.

7. Kafein Pada Kopi Drip Lebih Tinggi Daripada Espresso

Kalau kamu masih mengira kandungan kafein pada espresso adalah yang paling tinggi, kamu salah. Faktanya, kandungan kafein paling tinggi terdapat pada kopi drip. Kopi drip adalah jenis kopi yang cara penyeduhannya dengan cara digiling dengan kertas filter.

Perbandingannya adalah, dalam 1 shot atau 30 ml espresso mengandung 100 mg kafein. Sedangkan pada kopi drip mencapai 128 mg kafein.

8. Kopi Hitam Rendah Kalori

Secangkir kopi hitam hanya mengandung 2 kalori. Tapi tolong diperhatikan guys, kopi hitam itu maksudnya kopi tanpa gula, tanpa susu, tanpa krimer atau apapun. Intinya hanya kopi hitam pahit saja tanpa campuran apapun.

Baca Juga:  Makanan Terenak Didunia, Diantaranya Dari Indonesia

Kalau sudah dicampur ini itu, ya namanya bukan kopi hitam lagi, dan kalorinya akan berubah menjadi berkali kali lipat.

9. Kopi Pahit Belum Tentu Kafeinnya Tinggi

Jika kamu mengira rasa pahit pada kopi disebabkan karena tingginya kadar kafein, maka kamu salah besar. Pasalnya, kopi light roast memiliki kandungan kafein lebih tinggi daripada kopi dark roast. Padahal, kopi dark roast memiliki rasa yang lebih pahit dan pekat.

Hal itu dikarenakan waktu pemanggangan biji kopi light roast lebih sebentar daripada dark roast. Oleh karena itu, kadar kafeinnya justru masih tinggi. Jadi jangan salah paham lagi ya, semakin pahit rasa kopi bukan acuan kadar kafeinnya lebih tinggi.

10. Antara Brazil, Kopi, Dan Olimpiade

Ada kisah apa dibalik Brazil, kopi, dan olimpiade? Ternyata, kopi menghantarkan Brazil untuk masuk ke olimpiade pada tahun 1932. Pada saat itu, Brazil mengalami kekurangan dana untuk mengirimkan 62 atletnya ke Summer Olympiade di Los Angeles, USA.

Namun berkat menjadi eksportir kopi terbesar di dunia dengan menjual 50.000 karung kopi di kapal yang dijual sepanjang pelabuhan, Brazil akhirnya mendapatkan dana untuk bisa memberangkatkan atletnya ke olimpiade. Dramatis sekali bukan?

Nah, begitulah 10 fakta unik tentang kopi yang bikin kamu makin jadi anak “kopi” banget. Pada dasarnya, minum kopi tetap bisa menjadi kebiasaan yang bikin hari – hari kamu lebih enjoy. Tapi harus tetap memperhatikan aspek kesehatan. Jangan sampai kopi membahayakan tubuh kamu.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *